IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELANJA PADA PLATFORM TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN METODE SOR DAN TAM

Juniardi, . (2023) IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELANJA PADA PLATFORM TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN METODE SOR DAN TAM. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Juniardi)
215311545_Bab 0.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311545_Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311545_Bab 2.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
215311545_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
215311545_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
215311545_Bab 5.pdf

Download (791kB) | Preview

Abstract

Era modern sekarang masyarakat sangat bergantung dengan social commerce, ditambah dengan kemunculan social commerce yang baru dan dengan cara yang baru yaitu fitur TikTok Shop dengan menggunakan sarana video pendek untuk melakukan penjualan. Penerapan fitur TikTok Shop ini merupakan hal yang baru dan sangat awam, namun penulis melihat dengan adanya social commerce yang baru ini, penulis ingin mencari faktor yang bisa meningkatkan minat belanja pada fitur TikTok Shop ini. Penulis menggunakan penggabungan antara metode Stimulus Organism Response (SOR) dengan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mencari faktor yang bisa meningkatkan minat belanja. Penulis menambahkan faktor Content Quality (CQ) dari segi penjual dalam hal pemberian video pendek, Habit (HA) dari segi psikologi pengguna terhadap social commerce, dan Social Influence (SI) dari segi orang terdekat bisa memberikan dampak bagi pengguna. Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online yang kemudian diisi oleh responden, dan didapatkan sebanyak 210 responden. Analisis data yang sudah didapatkan menggunakan analisis statik Strutural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan peran Perceived Enjoyment, Perceived Usefulness, Content Quality melalui Perceived Enjoyment, Habit melalui Perceived Enjoyment, Social Influence melalui Perceived Usefulness memberikan pengaruh signifikan terhadap minat belanja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TikTok Shop, Social Commerce, SOR, TAM.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Inovation of Computational Science
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Feb 2024 19:49
Last Modified: 15 Feb 2024 19:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

View Item View Item