PENGARUH KREDIBILITAS SOCIAL MEDIA INFLUENCER, HUBUNGAN PARASOSIAL DAN BRAND IMAGE TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PENGGUNA TIKTOK

Wijayanti, Yuli (2023) PENGARUH KREDIBILITAS SOCIAL MEDIA INFLUENCER, HUBUNGAN PARASOSIAL DAN BRAND IMAGE TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PENGGUNA TIKTOK. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yuli Wijayanti)
225311591_Bab 0.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225311591_Bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225311591_Bab 2.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225311591_Bab 3.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
225311591_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
225311591_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
225311591_Bab 6.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen pada pengguna Tiktok Shop dari berbagai aspek, yaitu aspek penjual yang berfokus pada karakteristik social media influencer yang meliputi faktor kepercayaan (trustworthiness), faktor daya tarik (attractiveness), faktor faktor keahlian (expertise) dan faktor kesamaan (similarity). Aspek berikutnya yaitu aspek pembeli yang berfokus pada hubungan parasosial yang terbangun antara social media influencer dan pengikutnya. Dan aspek yang terakhir yaitu aspek produk yang berfokus pada brand image yaitu gambaran yang melekat dibenak konsumen mengenai produk tersebut. Penelitian ini mengadopsi teori dasar “The Ohanian Model of Sources of Credibility” yang membuktikan bahwa kredibilitas Celebrity Spokespersons mempengaruhi niat beli konsumen. Kemudian dari teori dasar tersebut penulis menambahkan faktor hubungan parasosial dan brand image untuk membentuk hipotesis baru. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline. Responden yang berhasil dijaring sejumlah 304 orang, lalu terjadi beberapa penghapusan tanggapan yang tidak sesuai menggunakan aplikasi SPSS sehingga mendapatkan 249 data bersih. Kemudian data tersebut dapat digunakan untuk menguji model teoritis dan menganalisis semua faktor menunjukan variabel laten yang memuaskan. Hasil yang didapat menunjukan bahwa hubungan parasosial dan brand image mempengaruhi niat beli konsumen sedangkan aspek penjual yang meliputi kredibilitas social media influencer meliputi trustworthiness, attractiveness, expertise dan similarity tidak berpengaruh pada niat beli konsumen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Social Media Influencer, Hubungan Parasosial, Brand Image, Niat Beli Konsumen, Tiktok
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Feb 2024 19:56
Last Modified: 15 Feb 2024 19:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31056

Actions (login required)

View Item View Item