Fahreza, Ridho Ahmad (2024) Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi DANA Menggunakan User Experience Questionnaire. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Ridho Ahmad Fahreza)
191710395_Bab 0.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
191710395_Bab 1.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
191710395_Bab 2.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text
191710395_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
Text
191710395_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
|
Text
191710395_Bab 5.pdf Download (751kB) | Preview |
Abstract
Dalam dinamika perkembangan Financial Technology (Fintech) di Indonesia, terjadi persaingan ketat di antara perusahaan penyedia layanan pembayaran digital. Fokus utama penelitian ini adalah mengevaluasi tingkat keamanan dan kepercayaan pengguna terhadap aplikasi dompet digital, khususnya aplikasi DANA. Data Bank Indonesia tahun 2019 mencatat peningkatan transaksi uang elektronik mencapai 2,7 miliar, menunjukkan pertumbuhan signifikan. Aplikasi DANA, meskipun meraih rating tinggi di App Store, menghadapi tantangan melalui ulasan negatif pengguna terkait masalah top-up yang tidak mencerminkan saldo sebenarnya, layanan pelanggan yang kurang memuaskan, dan ulasan kekecewaan. Masalah tersebut dapat mempengaruhi pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas aplikasi DANA berdasarkan pengalaman pengguna (user experience) dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang melibatkan 400 pengguna aktif aplikasi DANA diseluruh Indonesia agar memperoleh hasil yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas aplikasi Dana. Berdasarkan hasil pengukuran dengan metode User Experience Questionnaire (UEQ), DANA memperoleh nilai benchmark yang menunjukkan variabel Attractiveness sebesar 0,94, Pragmatic Quality 1,13, dan Hedonic Quality 0,80. Analisis UEQ menyoroti aspek penting yang perlu diperbaiki, terutama pada Attractiveness, Dependability, dan Stimulation. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, disarankan melakukan pembaruan desain antarmuka dengan fokus pada elemen visual yang menarik untuk Attractiveness, memperbaiki keamanan dan layanan pelanggan untuk Dependability, serta menambah fitur inovatif dan elemen gamefikasi untuk meningkatkan Stimulation. Langkah-langkah ini diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan keseluruhan pengalaman pengguna aplikasi DANA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Experience; User Experience Questionnaire (UEQ ); DANA. |
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 17:49 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 17:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31116 |
Actions (login required)
View Item |