PENGEMBANGAN GAME PENGETAHUAN OBAT-OBATAN DENGAN MENGGUNAKAN UNITY

Ewaldo, Sebastian (2024) PENGEMBANGAN GAME PENGETAHUAN OBAT-OBATAN DENGAN MENGGUNAKAN UNITY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sebastian Ewaldo)
180709839_Bab 0.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180709839_Bab 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180709839_Bab 2.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
180709839_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
180709839_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
180709839_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img]
Preview
Text
180709839_Bab 6.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penyakit dapat menyerang dari mana saja dan kapan saja melalui kegiatan- kegiatan masyarakat sehari-hari. Semua hal yang kita kerjakan berpotensi mengundang segala macam penyakit. Pengobatan sendiri atau swamedikasi (self- medication) adalah upaya pertama yang dilakukan masyarakat ketika terkana suatu penyakit sebelum mereka memutuskan mencari bantuan ke fasilitas pelayanan kesehatan. Agar swamedikasi dapat dengan benar dilakukan, masyarakat memerlukan informasi yang jelas, benar, dan dapat dipercaya, sehingga obat yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Informasi tentang hal tersebut dapat mulai disampaikan sejak anak-anak. Anak-anak akan lebih mudah menangkap suatu informasi melalu sarana yang mereka senangi, maka diperlukan suatu media pembelajaran yang menyenangkan menggunakan sebuah game edukasi. Tujuan dari game ini adalah membantu anak- anak untuk mengetahui tentang penyakit-penyakit ringan serta obatnya. Game ini diharapkan dapat menjadi bekal anak-anak ketika dalam kondisi sedang sakit disaat suasana genting ketika mereka dewasa nanti. Aplikasi game ini dikembangkan menggunakan Unity dan menggunakan bahasa pemrograman C#, serta aset 3D menggunakan aplikasi Blender. Melalui respon yang diberikan oleh responden dalam survei yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa game edukasi 3D berjudul Van Hero ini berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan. Game ini dinilai mampu meningkatkan pemahaman anak-anak tentang obat-obatan dan penyakit umum disekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, obat, penyakit, Unity, C#, Blender
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Feb 2024 18:30
Last Modified: 21 Feb 2024 18:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31135

Actions (login required)

View Item View Item