Wedanata, I Made Bagus (2023) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UNTUK PERLUASAN PANGSA PASAR PRODUK CLOTHING LINE DAWG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (I Made Bagus Wedanata)
190610416_Bab 0.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
190610416_Bab 1.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
190610416_Bab 2.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text
190610416_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
||
Text
190610416_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text
190610416_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
||
Text
190610416_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text
190610416_Bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
190610416_Bab 8.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text
190610416_Bab 9.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
190610416_Bab 10.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
Abstract
Clothing line Dawg merupakan usaha yang bergerak pada bidang fashion yang terletak di Bali. Clothing line Dawg menjual produknya hanya melalui media sosial saja, produk yang baru mereka rilis akan di “unggah” ke akun Instagram mereka melalui feed dan story. Clothing line Dawg pernah mencoba menjual produk mereka melalui e-commerce namun tidak dilanjutkan karena kurang mahir dalam menggunakan fitur-fitur yang disediakan. Justru customer menginginkan adanya e-commerce untuk bertransaksi agar lebih aman dan dapat memudahkan pelanggan dalam memilih produk. Karena kurangnya efektifitas penggunaan e- commerce dan strategi promosi hal tersebut memberikan dampak penurunan penjualan pada bulan Juni ke Juli 2022 hingga mencapai 52%. Berdasarkan permasalahan kurangnya efektifitas penggunaan e-commerce dan strategi promosi, penelitian ini akan bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan e-commerce dan merancang strategi promosi agar dapat meningkatkan penjualan clothing line Dawg. Critical success factor yang akan dicapai yaitu memperbaiki promosi pada media sosial dengan tolak ukur jangkauan audiences meningkat, meningkatkan persentase penjualan produk hingga mencapai target 80%, dan meningkatkan efektifitas penggunaan e-commerce dengan capaian rating pada toko. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats) dan STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini penjualan yang dihasilkan sebanyak 39 pcs dengan persentase penjualan mencapai 81%, 14 pcs penjualan berasal dari Shopee dan 25 pcs berasal dari Instagram. Jangkuan audiences pada sosial media Instagram mampu mencapai hingga 3.466 akun. Tokopedia tidak berperformansi dengan baik dan tidak menghasilkan penjualan. Selain itu Dawg mendapatkan rating 5.0 pada Shopee dari customer yang sudah melakukan transaksi melalui Shopee dan memberikan ulasan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats), STP (Segmentation, Targeting, and Positioning), Produk Fashion, E-commerce |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 16:48 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 16:48 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31200 |
Actions (login required)
View Item |