PERANCANGAN JALAN REL KERETA API KORIDOR REMBANG - LASEM

Sugito, Aditya Bhagaskara and Wibisono, David and Utomo, Januar Tri (2024) PERANCANGAN JALAN REL KERETA API KORIDOR REMBANG - LASEM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Aditya Bhagaskara Sugito, David Wibisono, dan Januar Tri Utomo)
180217273 200217964 200218001_Bab 0.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180217273 200217964 200218001_Bab 1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180217273 200217964 200218001_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180217273 200217964 200218001_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
180217273 200217964 200218001_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
180217273 200217964 200218001_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
180217273 200217964 200218001_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
180217273 200217964 200218001_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kabupaten Rembang membuat banyaknya kendaraan yang beroperasi serta mengakibatkan peningkatan jumlah pergerakan. Diperlukan alternatif moda transportasi massal yang efektif dan ekonomis untuk mengatasi hal tersebut. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 296 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 2128 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Perkeretaapian Nasional pada halaman 50 poin (h) dijelaskan bahwa reaktivasi dan peningkatan jalur rel kereta api jalur Semarang- Demak-Kudus-Pati-Juwana-Rembang-Lasem-Jatirogo-Bojonegoro. Jalur rel koridor Rembang-Lasem merupakan bagian dari reaktivasi jalan rel kereta api nonaktif. Jalur rel eksisting yang menghubungkan Kota Rembang dan Kecamatan Lasem telah beralih fungsi dan sebagian besar telah menjadi jalan raya umum untuk masyarakat setempat. Oleh sebab itu, direncanakan 3 alternatif trase baru yang akan menjadi perencanaan jalur rel yang menghubungkan Rembang dan Lasem, lalu dipilih salah satu trase yang kemudian dilakukan analisis kelayakan ekonomi dan finansial, daya dukung tanah, penurunan, stabilitas lereng, dan dimensi saluran drainase. Melalui beberapa proses dan tahapan AHP maka terpilihlah salah satu trase alternatif trase yang memiliki panjang 10,275 km, kecepatan maksimum 120 km/jam, dan klasifikasi kelas jalan rel 1. Perhitungan perencanaan tersebut didasarkan pada ketentuan PM No. 60 tahun 2012 dan PD PJKA No. 10 tahun 1986. Dengan terpilihnya Alternatif Trase 1, kemudian dilakukan analisis kelayakan ekonomi dengan hasil dari 2 skenario yang ditinjau dari kriteria penilaian kelayakan ekonomi dengan metode Payback Periode Analysis, Benefit Cost Ratio, Net Present Value, dan Internal Rate of Return didapat hasil yang layak dan dapat dilaksanakan. Sebelum melanjutkan perhitungan analisis daya dukung tanah, penurunan, stabilitas lereng, dan dimensi saluran drainase dilakukan pembagian segmen untuk mempermudah perhitungan, segmen dibagi menjadi 4 dengan panjang masing-masing segmen 2200 meter, 2800 meter, 2500 meter, dan 2775,83 meter. Dari hasil analisis daya dukung tanah pada keempat segmen didapat nilai terendah sebesar 52,189 kN/m2 yang tentunya dapat menahan beban sebesar 34,349 kN/m2. Dengan hasil tersebut maka didapat nilai penurunan total terbesar yaitu 1,799 meter. Hasil analisis stabilitas lereng dengan menggunakan metode Janbu dan Bishop serta penggunaan aplikasi Geoslope didapat nilai F > 1,5 yang dapat dikatakan aman terhadap kelongsoran. Kemudian untuk hasil analisis dimensi saluran drainase dengan kala ulang 10 tahun, digunakan jenis saluran U-Ditch dengan dimensi 400x500x1200 milimeter pada perencanaan saluran terbuka dan untuk perencanaan drainase saluran bawah tanah diperoleh pada kedalaman 2,75 m dari struktur bawah jalan rel. Melalui perhitungan dengan persamaan Hooghoudt diperoleh jarak antar pipa pada segmen 1 sebesar 1 m, segmen 2 sebesar 0,92 m, segmen 3 sebesar 0,9 m, dan segmen 4 sebesar 0,96 m.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reaktivasi; Perancangan Jalur Rel; Rembang; Lasem; Kelayakan Ekonomi dan Finansial; Daya Dukung Tanah; Penurunan; Stabilitas Lereng; Saluran Drainase
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Mar 2024 15:50
Last Modified: 29 Apr 2024 21:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31302

Actions (login required)

View Item View Item