Danitza, Stanislaus Jivanta and Quinones, Adelia Sherlly and Qotrunnada, Tsabita (2024) PERENCANAAN INFRASTRUKTUR JALAN DI DAERAH KOTA BATU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Stanislaus Jivanta Danitza, Adelia Sherlly Quinones, dan Tsabita Qotrunnada)
190217591 200218232 200218303_Bab 0.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
190217591 200218232 200218303_Bab 1.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
190217591 200218232 200218303_Bab 2.pdf Download (831kB) | Preview |
|
Text
190217591 200218232 200218303_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
190217591 200218232 200218303_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
||
Text
190217591 200218232 200218303_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) |
||
|
Text
190217591 200218232 200218303_Bab 6.pdf Download (53MB) | Preview |
Abstract
Di zaman yang semakin modern ini, transportasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Namun demikian, keberhasilan transportasi bergantung pada aksesibilitas sarana dan prasarana transportasi. Salah satu aspek tersebut adalah jalan raya.Jalan raya adalah jalur terestrial yang memainkan peran penting dalam distribusi ekonomi di suatu wilayah atau negara. Kehadiran jalan raya menjamin kelancaran transportasi barang, jasa, dan penumpang, yang sangat penting untuk mencapai pemerataan ekonomi dan pembangunan negara. Oleh karena itu, jalan raya sangat berperan dalam mendukung kemajuan dan percepatan pertumbuhan ekonomi. Kenyamanan dan kelayakan jalan raya merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitasnya. Oleh karena itu, perancangan jalan raya melibatkan pertimbangan beberapa aspek, seperti volume lalu lintas, kondisi tanah, iklim, dan ketersediaan dana untuk perkerasan jalan.Kemajuan teknologi infrastruktur telah meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembangunan dan penambahan jalan baik dari segi biaya maupun waktu. Saat membangun jalan, sangat penting untuk memastikan bahwa jalan tersebut berkualitas baik, aman, dan nyaman. Lebar dan kelengkungan jalan harus memenuhi standar teknis yang diperlukan untuk geometri jalan yang di tinjau dari alinemen horizontal dan vertikal, menghindari grafik galian (cut), timbunan (fill) yang tinggi , kondisi tanah yang stabil dan juga perkerasan jalan yang berupa perkerasaan lentur. Selain itu, permukaan jalan harus berupa perkerasan lentur. Pengemudi umumnya lebih menyukai jalan yang lebih lurus daripada jalan yang menanjak dan menurun. Oleh karena itu, setiap jalan yang dibangun untuk pengemudi harus mengutamakan keselamatan, memastikan muatan dan kecepatan tetap aman dan nyaman.Pada Pembuatan “Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur Jalan” menggunakan bantuan perangkat lunak Civil 3D sebagai perancangan geometri jalan hingga volume galian dan timbunan. Setiap Kelompok akan diberikan peta kontur wilayah tertentu dan akan diminta untuk membuat jalur jalan yang sesuai dengan undang-undang yang relevan. Kelompok 1 akan menilai segmen jalan dan proyeksinya untuk menghasilkan pendekatan yang berbeda, yang akan digunakan untuk menentukan rencana yang memastikan pembangunan jalan yang aman dan hemat biaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 16:23 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 16:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31305 |
Actions (login required)
View Item |