PENGAKTIFAN KEMBALI JALUR KERETA API GAMBRINGAN – PURWODADI

Indriani, Yohana Fransiska Chievoverona and Widiatanaya, Martapramestri and Manalu, Threcya Atri (2024) PENGAKTIFAN KEMBALI JALUR KERETA API GAMBRINGAN – PURWODADI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yohana Fransiska Chievoverona Indriani, Martapramestri Widiatanaya dan Threcya Atri Manalu)
200217970 200217978 200218388_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
200217970 200217978 200218388_Bab 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200217970 200217978 200218388_Bab 2.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
200217970 200217978 200218388_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
200217970 200217978 200218388_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img]
Preview
Text
200217970 200217978 200218388_Bab 5.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Pengaktifan kembali jalur rel merupakan salah satu pengembangan bentuk infrastruktur transportasi darat yang penting karena dapat menjadi jembatan penghubung antar daerah. Pengaktifan kembali jalur rel kereta api ini direncanakan di daerah Stasiun Gambringan sebagai titik awal dan Purwodadi sebagai titik akhir dari pengaktikan kembali jalur rel kereta api ini. Perencanaan pengaktifak kembali jalur rel Gambringan – Purwodadi memiliki 3 alternatif trase dan dipilih 1 trase terbaik, yaitu trase 1 yang memiliki 3 segmen dengan panjang segmen 1 memiliki Panjang 1,57 km, segmen 2 memiliki panjang 0,7 km, dan segmen 3 memiliki panjang 6,1 km. Kemudian pada analisis kelayakan ekonomi pada perancangan ini dimulai dengan menghitung pengeluaran operasi, pendapatan operasi, NPV (Net Present Value), dan IRR (Internal Rate of Return) kemudian berdasarkan perhitungan, maka didapatkan IRR sebesar 7,32% untuk kurun periode 30 tahun. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang geometri jalan rel, memperhitungkan geoteknik, memperhitungkan saluran drainase serta desain saluran drainase. Berdasarkan perhitungan perancangan geoteknik didapatkan resiko geoteknik yang tidak aman, maka dari itu perlu dibuat adanya perbaikan tanah. Sedangkan untuk saluran drainase memakai u-ditch pada drainase permukaan dengan tipe 80x100x120 dengan berat 749 kg. Kemudian untuk saluran drainase bawah permukaan memiliki 7 pipa dengan jarak antar pipa 2,22 m, dimensi pipa 15 cm, serta total pipa saluran drainase bawah permukaan berjumlah 7 pipa. Berdasarkan pengerjaan tugas akhir ini, diharapkan Pengaktifan Kembali Jalur Rel Kereta Api Gambringan – Purwodadi dapat terwujud dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaktifan kembali jalur rel merupakan salah satu pengembangan bentuk infrastruktur transportasi darat yang penting karena dapat menjadi jembatan penghubung antar daerah. Pengaktifan kembali jalur rel kereta api ini direncanakan di daerah Stasiun Gambringan sebagai titik awal dan Purwodadi sebagai titik akhir dari pengaktikan kembali jalur rel kereta api ini. Perencanaan pengaktifak kembali jalur rel Gambringan – Purwodadi memiliki 3 alternatif trase dan dipilih 1 trase terbaik, yaitu trase 1 yang memiliki 3 segmen dengan panjang segmen 1 memiliki Panjang 1,57 km, segmen 2 memiliki panjang 0,7 km, dan segmen 3 memiliki panjang 6,1 km. Kemudian pada analisis kelayakan ekonomi pada perancangan ini dimulai dengan menghitung pengeluaran operasi, pendapatan operasi, NPV (Net Present Value), dan IRR (Internal Rate of Return) kemudian berdasarkan perhitungan, maka didapatkan IRR sebesar 7,32% untuk kurun periode 30 tahun. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang geometri jalan rel, memperhitungkan geoteknik, memperhitungkan saluran drainase serta desain saluran drainase. Berdasarkan perhitungan perancangan geoteknik didapatkan resiko geoteknik yang tidak aman, maka dari itu perlu dibuat adanya perbaikan tanah. Sedangkan untuk saluran drainase memakai u-ditch pada drainase permukaan dengan tipe 80x100x120 dengan berat 749 kg. Kemudian untuk saluran drainase bawah permukaan memiliki 7 pipa dengan jarak antar pipa 2,22 m, dimensi pipa 15 cm, serta total pipa saluran drainase bawah permukaan berjumlah 7 pipa. Berdasarkan pengerjaan tugas akhir ini, diharapkan Pengaktifan Kembali Jalur Rel Kereta Api Gambringan – Purwodadi dapat terwujud dengan baik.
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik

Sipil > Hidro
Sipil > Hidro

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Mar 2024 18:42
Last Modified: 04 Mar 2024 18:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31317

Actions (login required)

View Item View Item