TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR II REAKTIVASI JALUR REL KERETA API PATI - JUWANA

Wijaya, Arsenius Bhisma Christo and Barat, Edo Reynaldi and Utami, Yohana Mega (2024) TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR II REAKTIVASI JALUR REL KERETA API PATI - JUWANA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ARSENIUS BHISMA CHRISTO WIJAYA, EDO REYNALDI BARAT dan YOHANA MEGA UTAMI)
200218358 200218364 200218373_Bab 0.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200218358 200218364 200218373_Bab 1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200218358 200218364 200218373_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
200218358 200218364 200218373_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
200218358 200218364 200218373_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
200218358 200218364 200218373_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Peningkatan perekonomian dan mobilitas suatu daerah dapat didukung oleh kelengkapan dan kemudahan sarana transportasi. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian menjelaskan bahwa “Kereta api dapat digunakan sebagai alternatif transportasi darat yang mampu mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah yang relatif besar” (Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007, Pasal 1(2)). Reaktivasi atau pengaktifan kembali jalur yang sudah tidak beroperasi menjadi salah satu program pemerintah dalam memperluas jaringan rel kereta api. Kecamatan Pati dan Kecamatan Juwana terletak dalam satu Kabupaten Pati provinsi Jawa Tengah. Reaktivasi Jalur Kereta Api Pati - Juwana diharapkan dapat menghidupkan fungsi utama sebagai moda transportasi darat antar kota yang efisien. Laporan ini akan membahas trase terpilih untuk jalur kereta api Pati – Juwana dengan panjang 12,2 km. Alinyemen horizontal trase terpilih memiliki 5 tikungan dengan perhitungan menggunakan lengkung Spiral Circle Spiral (SCS). Kapasitas daya dukung tanah dengan Qizin sebesar 35,63 kN/m2 dan beban gandar sebesar 34,73 kN/m2 sehingga daya dukung tanah aman. Kelayakan finansial dari infrastruktur jalan rel dengan mengacu pada kesesuaian RTRW Kabupaten Pati dan RIPNas Perkeretaapian Peraturan Perencanaan Pembuatan. Dimensi drainase yang digunakan adalah 0,4 m x 0,6 m dengan tinggi jagaan sebesar 0,2 m. Hasil Perhitungan Desain ini menggunkan teknologi berupa aplikasi Civil 3D dan Autocad yang membantu dalam penyusunan laporan sehingga dapat tersusun dengan baik serta dapat memberi gambaran lebih nyata tentang perencanaan pembangunan infrastruktur reaktivasi jalur rel kereta api Pati – Juwana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kereta api, reaktivasi, jalur rel
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Mar 2024 15:34
Last Modified: 14 Mar 2024 15:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31411

Actions (login required)

View Item View Item