LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN COTTAGE TERPADU DI DUSUN GERUPUK, LOMBOK TENGAH MELALUI PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR

Nugrahanto, Cornelius Septian (2021) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN COTTAGE TERPADU DI DUSUN GERUPUK, LOMBOK TENGAH MELALUI PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Cornelius Septian Nugrahanto)
170117045_Bab 0.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170117045_Bab 1.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170117045_Bab 2.pdf

Download (994kB) | Preview
[img] Text
170117045_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170117045_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170117045_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
170117045_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daerah di Nusa Tenggara Barat yang mengalami lonjakan wisata adalah di Lombok, dengan meningkatnya tingkat kunjungan wisata tersebut Lombok khususnya di Kabupaten Lombok Tengah difokuskan untuk menjadi kawasan pengembangan tingkat internasional yaitu di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Pengembangan ini didukung dengan adanya fasilitas sirkuit yang akan digunakan untuk penyelenggaraan event MotoGP pada tahun 2022. Dengan semakin meningkatnya tingkat pertumbuhan wisata di NTB dan adanya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah maka dibutuhkan sebuah fasilitas yang mampu untuk mendukung permasalahan tersebut, antara lain sebuah fasilitas penginapan. Penginapan yang memiliki penataan ruang yang baik, fasad yang menarik, dan letak yang strategis akan dapat menambah keuntungan bagi para wisatawan nantinya. Dusun Gerupuk merupakan bagian dari Desa Sukanda yang memiliki lokasi strategis. Dusun Gerupuk melalui kebijakan pemerintah setempat difokuskan untuk menjadi salah satu pengembangan desa wisata Mandalika yang berfokus pada pengembangan wisata minapolitan dan wisata kuliner yang memiliki nilai kearifan lokal. Konsep Cottage terpadu merupakan sebuah konsep arsitektur yang digunakan sebagai konsep perencanaan fasilitas penginapan di Dusun Gerupuk. Tipologi cottage dipilih karena cottage memiliki ciri dan kesan yang ramah lingkungan dan bersifat inklusif, sehingga jika membangun fasilitas penginapan di Dusun Gerupuk diharapkan mampu menjaga kelestarian lingkungan dan tetap mempertahankan koneksi dengan desa wisata tersebut. Prinsip terpadu yang diterapkan pada konsep cottage terpadu adalah mampu memfasilitasi kegiatan masyarkat setempah atau menjual hasil bumi khas dusun yang dapat diperkenalkan kepada wisatawan yang akan menginap di cottage nantinya. Melalui pendekatan neo-vernakular konsep desain cottage terpadu akan mengangkat nilai-nilai dari kebudayaan arsitektur Sasak yang mampu menjadi point interest tersendiri pada konsep desain cottage, dan merupakan upaya guna mengangkat kearifan lokal yang ada di masyarakat adat Sasak, khususnya di Dusun Gerupuk. Penerapan desain antara lain adalah dimulai dari penataan siteplan yang akan mengadaptasi filosofi pola perkampungan adat Sasak. Orientasi bangunan terhadap pusat poros Gunung Rinjani menjadi pertimbangan penataan kawasan penginapan. Fasad bangunan menghadap kearah timur dan barat memiliki filosofi bangunan menghasilkan susasana baik di dalam ruangan. Pola penataan ruang dalam mengadaptasi dari nilai filosofi bangunan adat bale langgak, pembagian zonasi secara vertikal (sakral-sakral profan- profan) dan horizontal pada zonasi ruang cottage. Konsep fasad bangunan yang memiliki tinggi tritisan yang rendah memiliki filosofi bahwa pengunjung harus menghormati pemiliki rumah. Dari beberapa penerapaan tersebut diharapkan wisataawan yang menginap di cottage ini dapat merasakan suasanan dan nilai filosofi yang terkandung pada tiap sudut bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cottage, fasilitas terpadu, neo-venakular, arsitektur sasak
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 19 Mar 2024 17:43
Last Modified: 19 Mar 2024 17:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31458

Actions (login required)

View Item View Item