PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK TRANSPORTASI, KEARIRAN, STRUKTUR, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (studi kasus : Perancangan Biaya dan Waktu Gedung SD Global Mukti Darussalam, Sleman)

Limin, I Made (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK TRANSPORTASI, KEARIRAN, STRUKTUR, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (studi kasus : Perancangan Biaya dan Waktu Gedung SD Global Mukti Darussalam, Sleman). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (I Made Limin)
170216705_Bab 0.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216705_Bab 1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216705_Bab 2.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
170216705_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
170216705_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
170216705_Bab 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik perancangan menjadi bagian dari tugas akhir pada kurikulum baru yang harus dirangkum menjadi satu laporan dan akan diujikan secara lisan demi memenuhi syarat gelar sarjana. Adapun perancangan yang terdapat pada laporan tugas akhir ini adalah Praktik Perancangan Bangunan Gedung (PPBG), Praktik Perancangan jalan (PPJ), praktik perancangan bangunan air (PPBA) dan praktik perancangan biaya dan waktu (PPBW). Pada praktik perancangan bangunan gedung yaitu bangunan sekolah 3 lantai di provinsi aceh ini penulis merancang ulang bangunan sekolah yang sudah ditentukan. Dalam perancangan bangunan gedung ini dilakukan pemodelan struktur untuk mengetahui gaya-gaya dalam yang terjadi pada struktur akibat beban yang bekerja dengan menggunakan aplikasi ETABS dan SAP 2000. Data yang ditentukan adalah kemiringan atap, jumlah gording, tekanan angin, tinggi anak tangga, penulangan, mutu baja dan mutu beton. Hasil dari pemodelan struktur digunakan sebagai acuan untuk mendesain dimensi penampang struktur beserta tulangan yang diperlukan sehingga mendapat hasil rekapan kebutuhan penulangan yang digunakan dalam perancangan. Pada praktik perancangan jalan dilakukan di Kawasan malioboro, survey volume kendaraan di jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, survey parkir di alun-alun utara keraton Yogyakarta dan kampus 3 Atma Jaya Yogyakarta, dan survey zona selamat sekolah di SDN Percobaan 3. Data survey yang didapatkan adalah data pejalan kaki, data volume kendaraan bermotor, dan kecepatan kendaraan bermotor. Setelah data terkumpul, dilakukan perhitungan sehingga hasil dari survey yang didapat adalah rata-rata pejalan kaki yang melintas dikawasan malioboro berjumlah 108 orang dalam kurun waktu 4 jam dan survey volume kendaraan yang melintas sebanyak 913 kendaraan dalam kurun waktu satu jam. Dari survey parkir kendaraan bermotor didapatkan hasil perhitungan luas parkir off road untuk motor seluas 1516 m2 dan luas parkir mobil off road seluas 892 m2. Pada praktik perancangan bangunan air obyek proyek yang akan ditinjau adalah bendung kamijoro yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam praktik ini akan dianalisa data hujan untuk merencanakan ulang struktur bendung dan menganalisa stabilitasnya. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah pengumpulan data-data berupa peta yang menjadi rancangan daerah aliran sungai, data tinggi curah hujan, dimensi asli dari bendung yang ditinjau sebagai acuan merancang ulang bangunan bendung. Dari hasil perhitungan dan analisis data didapatkan jenis distribusi log person tipe III, tinggi mercu 24,5 m, kriteria bendung menggunakan tipe puncak bulat, Panjang bendung 161 m, lebar pintu pembilas 16 m, jumlah pintu pembilas 3 buah dengan 4 pilar, kolam olak menggunakan USBR tipe III. Praktik perancangan biaya dan waktu dilakukan pada SD Global Mukti Darussalam, Yogyakarta setinggi 3 lantai dengan 1 lantai basement. Perancangan biaya ini dilakukan untuk membandingkan rencana anggaran biaya proyek asli dengan rencana anggaran biaya apabila dibangun di kota palu, Sulawesi tengah tahun 2019. Perencanaan ini menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Project agar perencanaan lebih tepat waktu. Pengumpulan data seperti material yang dibutuhkan, volume, interior, system kelistrikan, system drainase dan juga daftar harga satuan pada tahun 2019 sehingga didapatkan hasilnya adalah RAB asli dari proyek sebesar 16,455,875,000, nilai proyek yang didapatkan menggunakan harga di provinsi Sulawesi tengah sebesar 19,077,800,000, dan durasi kerja dalam perencanaan adalah 36 minggu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perancangan; struktur; lalu lintas; biaya dan waktu
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Mar 2024 16:49
Last Modified: 22 Mar 2024 17:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item