LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI ( Studi Kasus : Perhitungan RAB dan Penjadwalan Gedung Dinas Lingkungan Hidup Yogyakarta )

Lenggoe, Cornelius Exel Rchardo (2021) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI ( Studi Kasus : Perhitungan RAB dan Penjadwalan Gedung Dinas Lingkungan Hidup Yogyakarta ). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Cornelius Exel Rchardo Lenggoe)
170216716_Bab 0.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216716_Bab 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216716_Bab 2.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
170216716_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
170216716_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
170216716_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170216716_Bab 6.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Indonesia kini menjadi negara berkembang yang masih melakukan pembangunan dalam segala sektor yang diantaranya adalah sektor Transportasi, Sektor Keairan, Sektor Struktural. Maka dari itu diperlukan perhitungan yang matang dan akurat agar mendapatkan hasil pembangunan yang lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. Dalam perancangan ini terdapat 4 jenis perancangan sesuai dengan bagian di Teknik sipil yaitu; Transportasi, Struktural, Keairan, dan Manajeman Konstruksi. Pada pelaksanaan sebuah proyek konstruksi dibatasi biaya, mutu dan waktu. Keberhasilan suatu proyek menuntun adanya pelaksanaan manajeman secara baik. Pengendalian yang baik dapat mengurangi resiko terjadinya keterlambatan dan pembengkakan biaya proyek. Untuk meningkatkan efektifitas dalam pengawasan dan pengendalian proyek maka digunakan metode konsep nilai hasil. Konsep nilai hasil merupakan suatu metode yang mampu menghitung besarnya biaya yang menurut anggaran sesuai dengan pekerjaan yang telah di selesaikan atau di laksanakan, Selain berfungsi untuk pengendalian proyek, metode Konsep Nilai Hasil juga dapat di kembangkan untuk membuat perkiraan sementara untuk mengetahui apakah dana sisa proyek masih mencukupi atau tidak, berapa besar perkiraan biaya untuk menyelesaikan proyek maupun berapa besar proyeksi keterlambatan pada akhir proyek. Metode perhitungan dalam perancangan ini dengan cara menghitung volume pekerjaan arsitektural secara manual ataupun dengan bantuan Autocad. Yang dibantu dalam penyusunan jadwal dengan menggunakan Microsoft Project. Hasil dari perancangan ini didapatkan volume pekerjaan, harga satuan pekerjaan, dan juga penjadwalan pelaksanaan proyek Dinas Lingkungan Hidup Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Mar 2024 20:28
Last Modified: 22 Mar 2024 20:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31478

Actions (login required)

View Item View Item