PERANCANGAN STRUKTUR BETON BERTULANG GEDUNG PERKANTORAN 3 LANTAI DI KOTA PADANG

Widyaningrum, Natalia (2021) PERANCANGAN STRUKTUR BETON BERTULANG GEDUNG PERKANTORAN 3 LANTAI DI KOTA PADANG. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Natalia Widyaningrum)
170216789_Bab 0.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216789_Bab 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216789_Bab 2.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
170216789_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
170216789_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
170216789_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
170216789_Bab 6.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam mempercepat proses pembangunan nasional. Infrastruktur juga memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sosial. Ini dikarenakan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak dapat dipisahkan dengan ketersediaan infrastruktur seperti transportasi, telekomonikasi, sanitasi, dan energi. Oleh karena itu, pembangunan sektor ini menjadi dasar yang kuat dalam pembangunan ekonomi selanjutnya. Pengadaan pembangunan infrastruktur juga harus didasari dengan perencanaan yang kuat. Perencanaan yang dilakukan harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Dengan perencanaan yang kuat dan matang maka hasil yang didapatkan akan maksimal. Oleh karena itu, dalam penilitian ini akan dibahas beberapa perancangan infrastruktur, mulai dari bidang keairan yang diterapkan dalam Perancangan Bangunan Air, bidang struktur yang diterapkan dalam Perancangan Bangunan Gedung, bidang transportasi yang diterapkan dalam Perancangan Jalan, bidang manajemen biaya dan waktu dalam Perencanaan Biaya dan Waktu. Tujuan dari penulisan ini adalah membuat sebuah laporan berisi ringkasan yang akan di jadikan sebuah tugas akhir. Perancangan Bangunan Gedung merupakan tugas untuk merancang sebuah gedung, Gedung yang akan dirancang adalah gedung perkantoran yang lokasinya berada di Padang. Gedung ini sendiri memiliki tinggi 3 lantai. Pemodelan dan perhitungan perancangan gedung perkantoran memakai aplikasi ETABS dan SAP2000. Hasil perhitungan untuk perancangan gedung perkantoran ini dinyatakan aman untuk digunakaan. Perancangan Jalan merupakan tugas untuk menganalisis setiap permasalahan lalu-litas yang ada di wilayah kota Yogyakarta. Perancangan Bangunan Air merupakan tugas untuk merancang ulang sebuah bangunan air yaitu bendung. Bendung yang akan di rancang ulang adalah Bendung Kamijoro yang merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang berada di Yogyakarta. Tujuan dari Praktik Perancangan Bangunan Air merancang ulang bendgun dengan memperhatikan stabilitas keamanan bendung. Melakukan perhitungan untuk merancang ulang Bendung Kamijoro berbekal dari data curah hujan di beberapa stasiun hujan serta peta polygon thiesen. Perancangan Biaya dan Waktu merupakan tugas untuk merencanakan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk membangun sebuah proyek. Banunan yang akan di analisis biaya dan waktunya adalah bangunan gedung asrama mahasiswa yang berlokasi di Semarang. Tujuan dari Perancangan Biaya dan Waktu ini adalah merancang biaya dan waktu untuk Proyek Pembangunan Asrama Mahasiswa. Hasil dari analisa yang telah dilakukan mendapatkan hasil biaya yang dibutuhkan untuk membangun kantor imigrasi sebesar Rp6,444,824,456.83 dan waktu yang butuhkan untuk membangun bangunan tersebut dari tahap awal hingga tahap akhir selama 139 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Bangunan Gedung, Perancangan Jalan, Perancangan Bangunan Air, Perancangan Biaya dan Waktu
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Apr 2024 18:28
Last Modified: 02 Apr 2024 18:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31496

Actions (login required)

View Item View Item