TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR II

Pravira, Richardus Jodie Rudy (2021) TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR II. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Richardus Jodie Rudy Pravira)
170216834_Bab 0.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216834_Bab 1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
170216834_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
170216834_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perancangan kontruksi merupakan suatu kegitaan yang sangat penting sebelum dilaksanakannya suatu proyek. Perancangan konstruksi harus direncanakan dengan detail. Pasa Saat melakukan perancangan bangunan perlu mengamati kriteria perencanaan agar aman dan nyaman . Kriteria perancangan konstruksi bangunan antara lain yaitu: teknis, ekonomi, fungsional, dan ketentuan standar. Langkah-langkah perancangan bangunan mencakup: estimasi dimensi, pembebanan, analisis struktur, desain, analisis kapasitas serta pembuatan gambar. Estimasi dimensi ini bertujuan untuk menentukan dimensi penampang yang akan digunakan, dimensi ini berkaitan dengan berat sendiri struktur yang dimasukkan saat perhitungan beban pada aplikasi. Selain pada bangunan gedung, jalan memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya memperlancar arus moda transportasi, distribusi barang dan jasa, sebagai akses penghubung antar daerah yang satu dengan daerah lain serta dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Perkembangan ekonomi dapat tercapai dengan dukungan prasarana jalan yang memadai. Dalam merencanakan suatu jalan raya yang menjadi hal pokok adalah jalan yang direncanakan nantinya dapat memberikan pelayanan yang paling optimal pada pengguna jalan raya sesuai dengan fungsinya. Dukungan tersebut dapat diwujudkan melalui usaha-usaha antara lain menetapkan kondisi jalan dan pembangunan jalan yang memenuhi standar perencanaan. Pelayanan pada jalan yang baik, sehingga kendaraan yang melewati jalan tersebut dengan beban dan kecepatan rencana tertentu dapat melaluinya dengan aman dan nyaman. Pada negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang beriklim tropis, dengan musim hujan dan musim kemarau. Keadaan ini menimbulkan dampak bagi sistem perairan dan irigasi di Indonesia. Aliran sungai saat musim hujan mempunyai debit sangat besar, sering kali menjadi masalah di sepanjang daerah aliran sungai. Sedangkan disaat musim kemarau menyebabkan aliran sungai mempunyai debit yang sangat rendah, sehingga menimbulkan daerah-daerah di sekitarnya menjadi kekurangan air. Maka perlu dilakukan Tindakan dalam pemecahan masalah, yaitu dibuat sebuah bangunan yang dapat meninggikan muka air sungai saat musim kemarau dan mengatur debit air sungai saat musim penghujan. Agar dapat terlaksana pembuatan bendung yang baik, Pada perencanaan pembangunan hal yang ditinjau mulai dari perencanaan struktur bangunan, Detail Engineering Design (DED) bangunan, Rencana Anggaran Biaya (RAB), hingga penjadwalan pelaksanaan proyek. Pada peninjauan pembangunan yang dilakukan, unsur yang akan dikaji ialah mengenai rencana anggaran biaya dan penjadwalan proyek yang dilaksanakan pada pembangunan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perancangan bangunan gedung, perancangan jalan, perancangan bangunan air, perencanaan biaya dan waktu.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Apr 2024 18:14
Last Modified: 16 Apr 2024 18:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31509

Actions (login required)

View Item View Item