PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN KELAS I)

Palupi, Dyah (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN KELAS I). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Dyah Palupi)
170216840_Bab 0.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216840_Bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216840_Bab 2.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
170216840_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
170216840_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
170216840_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
170216840_Bab 6.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perancangan merupakan suatu kegitaan yang sangat penting sebelum dilaksanakannya suatu proyek. Perancangan konstruksi harus dipikirkan dengan detail. Saat melakukan perancangan bangunan perlu memperhatikan kriteria perencanaan agar aman dan nyaman. Kriteria perancangan konstruksi bangunan antara lain yaitu: teknis, ekonomi, fungsional, dan ketentuan standar. Langah- langkah perancangan bangunan mencakup: estimasi dimensi, pembebanan, analisis struktur, desain, analisis kapasitas dan pembuatan gambar. Esimasi dimensi bertujuan untuk menetapkam dimensi penampang yang akan digunakan, dimensi ini berkaitan dengan berat sendiri struktur yang dimasukkan saat perhitungan beban. Selain pada bangunan gedung, jalan memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya memperlancar arus moda transportasi, distribusi barang dan jasa, sebagai akses penghubung antar daerah yang satu dengan daerah lain serta dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Dalam merencanakan suatu jalan raya, hal pokok yang harus ditentukan adalah bentuk geometriknya, sehingga jalan yang direncanakan nantinya dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman yang paling optimal pada pengguna jalan raya sesuai dengan fungsinya. Pelayanan pada jalan yang baik, aman, nyaman, dan lancar akan terpenuhi jika lebar jalan cukup dan tikungan-tikungan dibuat berdasarkan persyaratan teknis geometrik jalan raya, baik alinyemen vertikal, alinyemen horizontal serta tebal perkerasan itu sendiri, sehingga kendaraan yang melewati jalan tersebut dengan beban dan kecepatan rencana tertentu dapat melaluinya dengan aman dan nyaman. Indonesia negara beriklim tropis, dengan musim hujan dan musim kemarau. Keadaan ini menimbulkan dampak bagi sistem perairan dan irigasi di Indonesia. Aliran sungai saat musim hujan mempunyai debit sangat besar, sering kali menjadi masalah di sepanjang daerah aliran sungai. Sedangkan disaat musim kemarau menyebabkan aliran sungai mempunyai debit yang sangat rendah, sehingga menimbulkan daerah-daerah di sekitarnya menjadi kekurangan air. Perlu dilakukan pendekatan dalam pemecahan masalah, yaitu dibuat sebuah bangunan yang dapat meninggikan muka air sungai saat musim kemarau dan mengatur debit air sungai saat musim penghujan. Agar dapat terlaksana pembuatan bendung yang baik, Pada perencanaan pembangunan hal yang ditinjau mulai dari perencanaan struktur bangunan, Detail Engineering Design (DED) bangunan, rencana anggaran biaya (RAB), hingga penjadwalan pelaksanaan proyek. Pada peninjauan pembangunan yang dilakukan, unsur yang akan dikaji ialah mengenai rencana anggaran biaya dan penjadwalan proyek yang dilaksanakan pada pembangunan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perancangan bangunan gedung, perancangan jalan, perancangan bangunan air, perencanaan biaya dan waktu.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Apr 2024 18:42
Last Modified: 16 Apr 2024 18:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31511

Actions (login required)

View Item View Item