PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONTRUKSI (STUDI KASUS: PERENCANAAN BENDUNG KAMIJORO KULON PROGO)

Adella, Anastasia Dayinta (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONTRUKSI (STUDI KASUS: PERENCANAAN BENDUNG KAMIJORO KULON PROGO). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Anastasia Dayinta Adella)
170216856_Bab 0.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216856_Bab 1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216856_Bab 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
170216856_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
170216856_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
170216856_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
170216856_Bab 6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bidang teknik sipil adalah bidang yang menggarap sumber daya yang ada dialam ini untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan hidup manusia, secara umum bidang garap teknik sipil dapat dikelompokkan menjadi bidang-bidang struktur, hidro, manajemen konstruksi, irigasi, material, geoteknik dan transportasi. Pada aspek struktur menggunakan studi kasus bangunan perkantoran 5 lantai . Perancangan bangunan gedung, yaitu data tinggi tiap lantai, kemiringan atap, tekanan angin, penggunaan bangunan, mutu beton, mutu tulangan baja, kedalaman tanah keras, berat volume tanah, daya dukung tanah, dan mutu baja profil. Setelah data terkumpul dilanjutkan dengan analisis struktur dengan bantuan software ETABS sehingga diperoleh data gaya-gaya dalam yang digunakan dalam desain. Pada aspek keairan menggunakan studi kasus bendung kamijoro yogyakarta Tahapan metodologi dimulai dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Setelah mendapatkan data primer dan sekunder melakukan analisis hidrologi untuk menemukan jumlah debit air maksimum yang masuk ke dalam bendung. Hasil tersebut akan digunakan untuk perencanaan hidrolis bendung yaitu penentuan elevasi mercu bendung, menghitung lebar bendung, menghitung lebar efektif bendung, perencanaan mercu bendung, dan menentukan kolam peredam energi. Pada aspek transportasi menggunakan studi kasus jalan – jalan yang berada di daerah Yogyakarta. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan survey yang berkaitan data kinerja jalan kemudian dilakukan pengolahan atau analisis data. Akan diperoleh hasil berupa tingkat kerusakan jalan, efektifitas rambu jalan dan zebra cross, kepadatan dan kecepatan pejalan kaki, serta perencanaan perkerasan jalan.Pada aspek manajemen digunakan studi kasus pada bangunan 2 lantai. Perencanaan ditinjau mulai dari perencanaan struktur bangunan, desain (shop drawing/ DED) bangunan, rencana anggaran biaya (RAB), hingga penjadwalan pelaksanaan proyek. Pada peninjauan pembangunan yang dilakukan, unsur yang akan dikaji ialah mengenai rencana anggaran biaya dan penjadwalan proyek yang dilaksanakan pada pembangunan tersebut. Dalam melakukan perancangan dan perencanaan diperlukan data-data baik data primer maupun data sekunder. Ketepatan dan ketelitian dalam pengumpulan data sangat membantu dalam merencanakan struktur bangunan yang kuat, nyaman, indah dan ekonomis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Gedung, Jalan, Bendungan, Biaya dan Waktu
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Apr 2024 20:20
Last Modified: 16 Apr 2024 20:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31515

Actions (login required)

View Item View Item