PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERANCANGAN ULANG BENDUNG KAMIJORO)

Cahyaningsih, Chisilia (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERANCANGAN ULANG BENDUNG KAMIJORO). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Chisilia Cahyaningsih)
170216949_Bab 0.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216949_Bab 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
170216949_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img]
Preview
Text
170216949_Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perencanaan gedung pertemuan di Jambi menggunakan metode perencanaan kapasitas dengan sistem SRPMK (Struktur Rangka Pemikul Momen Khusus). Analisis struktur digunakan software ETABS. Struktur balok, kolom, pelat lantai serta struktur atap berupa dak menggunakan beton bertulang f’c 25 MPa dan baja fy 400 MPa. Pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang. Hasil yang didapat berupa analisis dan gambar desain struktur. Dari perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan elemen struktur yang digunakan dalam perencanaan gedung pertemuan 4 lantai ini aman. Yogyakarta merupakan kota tujuan baik dalam hal wisata maupun pendidikan, hal ini menjadikan kota cukup padat hingga tak jarang terjadi kemacetan. Salah titik kemacetan yakni simpang empat bersinyal Jl.Janti-Jl.Gedongkuning-Jl.Kusumanegara- Jl.Wonocatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja persimpangan melalui evaluasi kinerja simpang berdasarkan analisis fase atau waktu optimum, kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan. Pengambilan data dilakukan selama 60 menit di persimpangan jl. Gedongkuning selanjutnya dilakuakan perhitungan menggunakan metode webster. Hasil evaluasi menunjukkan kinerja simpang kurang memberi pelayanan dengan baik. Bendung kamijoro merupakan bendung yang direncanakan menjadi sumber air irigasi utama Daerah Irigasi (DI) Kamijoro. Praktik ini menggunakan data berupa data curah hujan harian selama 10 tahun dari 8 stasiun hujan. Dalam perencanaan digunakan debit banjir rencana sebesar 266,007 m3/s dengan periode ulang 100 tahun. Bendung kamijoro merupakan bendung tetap dengan tipe mercu ogee. Menggunakan kolam olak USBR tipe III sepanjang 12 m. Kontrol stabilitas bendung yang diperhitungkan adalah keamanan terhadap geser, guling, daya dukung tanah, dan terhadap gaya angkat. Dimensi bendung yang direncanakan aman terhadap geser, guling, angkat dan daya dukung tanah. Manajemen proyek adalah menghitung segala hal yang berhubungan dengan proyek dari sisi pengelolaan proyek, seperti estimasi biaya dan pengaturan jadwal proyek. Estimasi biaya diperlukan agar biaya proyek tidak mengalami kebocoran atau pembengkakan yang merugikan. Sedangkan penjadwalan penting dilakukan agar proyek tidak terlalu lambat dilaksanakan dan selesai tepat waktu. Praktik perencanaan biaya dan waktu ini membahas tentang estimasi waktu dan biaya pada proyek pembangunan Guest House Raminten Prawirotaman. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, didapatkan perkiraan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp3.424.831.625. Penjadwalan proyek menggunakan microsoft project menghasilkan durasi 176 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gedung pertemuan, struktur, beton, kemacetan, webster, kinerja simpang, bendung, debit banjir, kontrol stabilitas, estimasi, biaya, waktu.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Hidro
Sipil > Hidro
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Apr 2024 17:26
Last Modified: 18 Apr 2024 17:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31529

Actions (login required)

View Item View Item