PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Analisis Stabilitas Bendung Kamijoro Yogyakarta)

Pranata, Antonius Pijar (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Analisis Stabilitas Bendung Kamijoro Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Antonius Pijar Pranata)
170216962_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216962_Bab 1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216962_Bab 2.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
170216962_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
170216962_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
170216962_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
170216962_Bab 6.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik perancangan digolongkan berdasarkan Praktik Perancangan Bangunan Gedung, Praktik Perancangan Jalan, Praktik Perancangan Bangunan Air, Serta Praktik Perancangan Biaya dan Waktu. Praktik Perancangan merupakan suatu kegitaan yang sangat penting sebelum dilaksanakannya suatu proyek. Saat melakukan perancangan bangunan perlu memperhatikan kriteria perencanaan agar aman dan nyaman. Praktik Perancangan Bangunan Gedung merupakan suatu kegitaan yang dilaksanakannya. Metode perancangan dimulai dengan mendesain gedung dengan menggunakan software AutoCAD dan ETABS. Menggunakan metode perancangan struktur sebagai contoh kinerja batas ultimit. Pada kinerja batas ultimit digunakan kombinasi beban ultimit untuk menganalisis gaya-gaya dalam yang terjadi pada elemen struktur. Gaya-gaya dalam tersebut selanjutnya digunakan dalam proses desain elemen struktur seperti pelat, balok, kolom, fondasi, shearwall, dll. Kinerja batas ultimit akan menentukan keamanan struktur dalam mendukung beban rencana ultimit yang bekerja pada struktur. Praktik Perancangan Jalan dilaksanakan pada perempatan antara jalan Gondosuli dan jalan Mojo. Survei pada jam-jam sibuk khususnya siang hari karena sering terjadi kepadatan volume kendaraan. Dengan melakukan survei untuk mendapatkan data yang diperlukan. Metode inventarisasi data yang digunakan adalah pengamatan semua kejadian dan pengambilan data- data yang dibutuhkan. Salah satu penghitungannya adalah volume kendaraan yang melintasi lokasi pengamatan. variabel yang dibutuhkan adalah volume lalu-lintas yang melintasi ruas jalan, panjang/lebar lintasan yang dipakai serta durasi lampu lalu lintas. Dengan maksud mengidentifikasi masalah dengan titik acuan hasil hitungan analisis data. Praktik Perancangan Bangunan Air bertujuan untuk merancang ulang sebuah bangunan Bendung Kamijoro pada area DAS Sungai Progo. Bendung digunakan untuk menaikkan tinggi Mukai air yang menjadi alternatif untuk mengatasi kekeringan, sehingga sawah atau lahan disekitar masih dapat diairi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pemetaan aliran Sungai Progo beserta anak sungainya. Kemudian menentukan koordinat pada setiap stasiun hujan yang terdapat pada DAS Sungai Progo. Setelah itu dapat dilakukan perhitungan curah hujan rata-rata maksimum pada setiap stasiun hujan. Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu Praktik Perancangan Biaya dan Waktu yang dilakukan meliputi estimasi biaya dan waktu pekerjaan pada proyek pembangunan. Metode perencanaan ini mengacu pada Daftar Harga Satuan material Kota Yogyakarta. Data dari proyek untuk membuat volume pekerjaan sesuai jenis pekerjaan. Hasil dari perancangan gedung 4 lantai 3 atap yang digunakan untuk rumah sakit terletak di jakarta. Respon spektrum yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan wilayah Kota Jakarta. Dengan spesifikasi material beton dengan kuat tekan 30 MPa. Baja tulangan dengan D > 12mm digunakan baja tulangan ulir dan D < 12 mm, digunakan baja tulangan polos. Baja yang digunakan adalah profil BJ 34. Hasil dari survei infrastruktur lalu lintas ini berupa evaluasi tentang kinerja dan karakteristik dari beberapa survey yang dilaksanakan serta dapat digunakan untuk perencanaan perkerasan jalan. Pada perancangan bendung Kamijoro setelah semua variabel terpenuhi, maka dilakukan perencanaan bendung termasuk kolam olak, saluran pengambilan atau intake, saluran pengendap, saluran induk, dan melakukan analisis terhadap stabilitas bendung yang sudah dirancang. Pada rekapitulasi pekerjaan gedung Widyaiswara Sumatera Selatan dengan luas gedung 720 m2 dengan konsturksi bangunan menggunakan beton bertulang. Pada Harga Satuan (DHS) Material dari Kota Yogyakarta tahun 2017 dan Analisis Hasil Satuan Pekerja tahun 2017. Nilai Rencana Anggaran Biaya Pembangunan sebesar Rp 4,193,259,500 dengan luas bangunan 774 m2 terdiri dari 2 lantai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Bangunan Gedung, Struktur, Perencanaan Jalan, Survei, Perencanaan Bendung, Perencanaan Biaya dan Waktu
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Struktur
Sipil > Struktur

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Apr 2024 17:36
Last Modified: 18 Apr 2024 17:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31530

Actions (login required)

View Item View Item