PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: PERANCANGAN ULANG BENDUNG KAMIJORO)

Taede, Brian Cavin (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: PERANCANGAN ULANG BENDUNG KAMIJORO). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Brian Cavin Taede)
170216966_Bab 0.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216966_Bab 1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
170216966_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
170216966_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Praktik Perancangan Bangunan Gedung Dalam perancangan sebuah bangunan gedung diperlukan memperhatikan beberapa hal diantaranya seperti kriteria kekuatan, perilaku yang baik pada taraf gempa rencana, serta aspek ekonomis. Praktik Perancangan Bangunan Gedung diberikan tugas dengan merancang bangunan yang akan digunakan sebagai bangunan kantor yang memiliki jumlah 3 (tiga) tingkat dan 1 (satu) atap dak yang berlokasi di kota Medan dengan acuan SNI. Dilakukan perancangan komponen struktur dan dilanjutkan dengan perhitungan dan analisis dimensi plat lantai, dimensi plat atap, balok anak, balok induk dan kolom beserta jumlah tulangan yang dibutuhkan. Dari analisis gempa, struktur gedung perkantoran menggunakan sistem SRPMK (Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus) dan memiliki nilai koefisien respon (R) sebesar 8, dan periode fundamental (T) sebesar 0,54276 detik. Praktik Perancangan Jalan Raya Perkembangan lalu lintas harus sejalan dengan kualitas dari prasarana yang tersedia, seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia akan sarana yang menunjang aktifitas yang dijalani memberikan dampak pada volume lalu lintas. Oleh karena itu perencanaan yang sesuai dengan keadaan eksisting dibutuhkan guna memberikan fungsi yang optimal. Praktik Perancangan Jalan yang diampu, penelitian dilakukan dengan pengamatan secara langsung atau survey. Terdapat empat (5) survey yang dilakukan, antara lain: survey pejalan kaki (pedestrian), survei parkir on road dan off road, survei kerusakan jalan dan survei kecepatan dan volume kendaraan. Lalu dari survei volume kendaraan dilakukan perencanaan perkerasan jalan menggunakan data dari survei volume kendaraan. Dari hasil observasi yang dilakukan didapat data kecepatan pejalan kaki dan kendaraan, volume pejalan kaki dan kendaraan, kondisi jalan dan desain perkerasan jalan. Praktik Perancangan Bangunan Air Menaikan permukaan air pada sungai terdekat dengan lahan yang memiliki kapasitas air yang cukup besar dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kekeringan yang terjadi, setidaknya lahan / sawah yang ada masih dapat diairi. Umumnya, untuk menaikkan tinggi muka air sungai maka dibuatlah sebuah bangunan air yang dapat menahan debit air sungai yang disebut dengan bangunan bendung. Praktik Perancangan Bangunan Air yang diampu, perancangan yang dilakukan adalah perancangan ulang Bendung Kamijoro yang terletak di desa Kamijoro, Kecamatan Pajangan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dilakukan berbagai perhitungan analisis data hujan yang dilakukan dengan standar yang ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gedung, Survey, Analisis, Perancangan, Bendung, Biaya, Waktu, Debit.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Hidro
Sipil > Hidro

Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Apr 2024 17:49
Last Modified: 18 Apr 2024 17:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31532

Actions (login required)

View Item View Item