PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERENCANAAN GEDUNG SEKOLAH 3 LANTAI DI KOTA GARUT)

Tanggara, Josia Elchristo (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERENCANAAN GEDUNG SEKOLAH 3 LANTAI DI KOTA GARUT). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Josia Elchristo Tanggara)
170217050_Bab 0.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217050_Bab 1.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217050_Bab 2.pdf

Download (963kB) | Preview
[img] Text
170217050_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
170217050_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170217050_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
170217050_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Selama kuliah, praktik perancangan dirancang untuk membekali mahasiswa teknik sipil dengan pengetahuan dasar dalam suatu proyek konstruksi agar lulusan dapat menerapkan pengetahuan tersebut dalam sebuah proyek. Praktik perancangan yang dilakukan seperti praktik perancangan bangunan gedung (PPBG), praktik perancangan bangunan air (PPBA), praktik perancangan jalan (PPJ), dan praktik perancangan biaya dan waktu (PPBW). Metode yang digunakan pada praktik perancangan yaitu metode analisis data. Analisis data dilakukan berdasarkan data yang telah disediakan, survei lapangan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya di lapangan dan data hasil perhitungan. PPBG merencanakan berbagai faktor yang harus dimiliki suatu gedung yang layak antara lain meliputi fungsi, keamanan, kenyamanan, material yang akan digunakan, dan analisis terhadap reaksi yang ditimbulkan oleh gaya-gaya yang bekerja terhadap struktur gedung. Gedung yang dirancang berupa gedung sekolah 3 lantai yang berada di kota Garut. Data perancangan telah disediakan sehingga hanya dilakukan perancangan gedung dimulai dari atap hingga pondasi agar gedung dapat menahan beban akibat beban mati, beban hidup, beban angin dan beban gempa yang bekerja pada gedung tersebut. PPBA mempelajari tentang perancangan struktur bendung dengan bendung Kamijoro yang terletak di kabupaten Kulon Progo sebagai hasil acuan. Data perancangan berasal dari data hujan pada stasiun hujan yang ada di DAS kali Progo. Bendung dirancang agar dapat memenuhi syarat keamanan dan stabilitas pada DAS tempat bendung itu dibangun. PPJ melakukan tinjauan lapangan pada ruas jalan Godean Km. 5, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ruas jalan yang ditinjau adalah sepanjang 100 meter. Survei yang dilakukan meliputi geometrik jalan, jenis perkerasan, volume kendaraan, dan waktu tempuh kendaraan. Data yang diperoleh selama survei diolah sehingga didapatkan data evaluasi kelayakan pada jalan Godean Km. 5, Daerah Istimewa Yogyakarta. PPBW merancang estimasi durasi dan anggaran pada suatu proyek yang akan dilaksanakan agar proyek tersebut dapat selesai dalam waktu yang relatif singkat dengan anggaran yang optimal. Data yang digunakan berdasarkan data proyek pembangunan gedung 4 lantai Bank Syariah Mandiri kantor cabang Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Sudirman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil dari perancangan gedung pada PPBG dan bendung pada PPBA diperoleh bahwa bangunan aman terhadap gaya-gaya yang bekerja pada bangunan tersebut. PPJ diperoleh hasil yaitu jalan Godean Km. 5 masih dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara namun trotoar jalan perlu diperlebar untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki. PPBW diperoleh RAB rancangan sebesar Rp 12.174.632.246 dengan durasi pengerjaan selama 8 bulan 13 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: praktik perancangan, gedung, jalan, bendung, durasi, anggaran.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Apr 2024 19:42
Last Modified: 25 Apr 2024 19:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31551

Actions (login required)

View Item View Item