PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: BIAYA DAN WAKTU)

Oroh, Aaron Hope (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: BIAYA DAN WAKTU). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Aaron Hope Oroh)
170217056_Bab 0.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217056_Bab 1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217056_Bab 2.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
170217056_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
170217056_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text
170217056_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
170217056_Bab 6.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perancangan Infrastruktur dari Aspek Struktur, Keairan, Transportasi, dan Manajemen Konstruksi. Aaron Hope Oroh, NPM: 170217056, Tahun 2021, Program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Infrastruktur adalah sebuah sistem teknik struktural dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bertumbuh dan berkembang. Perancangan infrastruktur adalah tahap persiapan dalam realisasi tujuan tersebut. Laporan ini mencakup empat jenis perancangan infrastruktur, yakni struktur gedung, keairan, transportasi, dan manajemen konstruksi yang dilaksanakan penulis selama perkuliahan secara berkelompok. Setiap perancangan dilaksanakan dengan metode perhitungan tersendiri menggunakan pedoman dan standar yang berlaku di Indonesia. Perancangan aspek struktur gedung berfokus pada gedung bertingkat. Perancangan dilakukan dengan merancang sebuah gedung tiga tingkat yang difungsikan sebagai perkantoran. Perancangan mengikuti panduan dosen dan peraturan perancangan dari Standar Nasional Indonesia. Hasil yang diperoleh adalah perhitungan dan pemodelan struktur gedung rencana. Perancangan keairan mengambil perancangan ulang Bendung Kamijoro sebagai kasus. Perancangan dilakukan dengan menggunakan data curah hujan dan merancang ulang bendung berdasarkan data tersebut. Hasil yang diperoleh adalah model bendung dan perhitungan analisis stabilitas. Perancangan transportasi membahas tentang perencanaan jalan raya pada sebuah peta kontur. Perancangan dilaksanakan dengan merencanakan rute jalan pada peta dan menghitung pekerjaan dan alinemen pada jalan tersebut. Selain itu direncanakan pula pekerjaan perkerasan jalan dan perencanaan jalur pejalan kaki. Hasil yang diperoleh adalah model trase jalan, model alinemen, perhitungan perkerasan dan model jalur pejalan kaki. Perancangan manajemen konstruksi mengambil topik tentang manajemen biaya dan waktu konstruksi sebuah rumah tinggal. Perancangan dilakukan dengan menganalisis gambar rencana dan pekerjaan konstruksi terkait. Analisis tersebut kemudian dihitung biaya dan kebutuhan serta durasi pelaksanaannya. Hasil yang diperoleh adalah tabel analisis pekerjaan dan bagan penjadwalan proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: infrastruktur, perancangan, standar, analisis, model, hasil.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 Apr 2024 17:37
Last Modified: 26 Apr 2024 17:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31553

Actions (login required)

View Item View Item