Valentin, Eka Harya (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Perencanaan Biaya dan Waktu Puskesmas Nggoa Nusa Tenggara Timur). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Eka Harya Valentin)
170217066_Bab 0.pdf Download (843kB) | Preview |
|
|
Text
170217066_Bab 1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
170217066_Bab 2.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
170217066_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
||
Text
170217066_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text
170217066_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
||
Text
170217066_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Perencanaan dan perancangan merupakan hal yang penting dalam suatu kegiatan untuk mendapatkan hasil terbaik dengan usaha yang efektif dan efisien. Tugas Akhir Perancangan merupakan ringkasan dari pembelajaran mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Atmajaya Yogyakarta dan merupakan salah satu kewajiban untuk menyelesaikan studi Strata 1 (S1). Tugas Akhir Perancangan meliputi beberapa mata kuliah perancangan dan perencanaan yaitu perancangan pada aspek struktur, keairan, dan transportasi, dan juga perencanaan dalam aspek biaya dan waktu. Dalam tahapan pengerjaan perancangan dan perencanaan memiliki metode dan pendekatan yang berbeda tergantung pada aspek yang ditinjau. Pada perancangan struktur dilakukan perancangan dari bangunan gedung 5 (lima) lantai, berfungsi sebagai gedung pertemuan, menggunakan struktur beton bertulang, menggunakan atap deck beton, bangunan didesain untuk tahan gempa pada wilayah Manado, dan menggunakan pondasi berupa pile. Perancangan Struktur bangunan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak yaitu SAP 2000 V20 dan Autocad untuk perhitungan struktur tangga, dan menggunakan perangkat lunak ETabs untuk melakukan simulasi pembebanan dan visualisasi 3D struktur yang didesain. Pada perancangan bidang keairan dilakukan analisis dan perencanaan ulang dari bendungan grembyangan yang dilakukan dengan metode dan pendekatan yaitu melakukan perhitungan debit hujan rata-rata dengan data dari 3 stasiun hujan disekitar bendungan yang dianalisa menggunkan metode poligon thissen, melakukan perhitungan debit andalan bendung dari hasil debit hujan rata-rata, melakukan desain awal bentuk bendungan, melakukan desain bentuk struktur pendukung bendung, dan melakukan uji stabilitas dari struktur bendung yang telah didesain. Perancangan struktur bendung dilakukan sesuai standar Perencanaan Irigasi Direktur Jendral Pengairan tentang Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama KP-02- 2010. Pada Perancangan dalam bidang Transportasi dilakukan 2 kegiatan utama yaitu survey kelayakan infrastruktur pendukung jalan, survey perilaku dan perancangan perkerasan jalan. Tahap pertama survey ialah melakukan analisa perilaku dari pejalan kaki dan penyebrang jalan pada ruas Jalan Malioboro Yogyakarta, dan melakukan survey kelayakan dari fasilitas trotoar dan penyebrangan jalan pada lokasi survey. tahap selanjutnya ialah melakukan survey perilaku parkir pada parkir pada badan jalan (on road) yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo dan pada luar badan jalan (off road) pada Parkiran Kampus 4 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Survey juga dilakukan pada kelayakan dari fasilitas Zona Aman Sekolah (ZoSS) pada Sekolah Negeri Percobaan 3. Perancangan Perkerasan Jalan dilakukan dengan melakukan survey untuk mendapatkan data volume dan kecepatan lalu lintas pada ruas jalan sepanjang 50 m yang dilakukan pada ruas Jalan Kaliurang depan gardu induk PLN. Survey dilakukan selama 3 jam untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk merancang perkerasan jalan dengan tipe perkerasan lentur. Pedoman yang digunakan dalam perencanaan perkerasan jalan ialah “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya dengan Analisa Komponen” Bina Marga Tahun 1987. Pada Perencanaan Biaya dan Waktu dilakukan analisa dari desain bangunan Puskesmas Nggoa Nusa Tenggara Timur untuk merencanakan RAB dan penjadwalan waktu pelaksanaan konstruksi. Perencanaan didasarkan pada AHS SNI Tahun 2013 dan Harga Satuan Material Wilayah Sumba Tahun 2019. Pada perancangan dan perencanaan yang telah dilakukan didapatkan hasil perancangan, salah satunya ialah Perencanaan Biaya dan Waktu yang direncanakan memiliki besaran biaya sebesar Rp. 4.203.366,667 dengan waktu pengerjaan konstruksi selama 146 hari kerja. Pada perancangan perkerasan juga didapatkan hasil rencana perkerasan lentur dengan tebal batu pecah (CBR60) setebal 15 cm dan tanah kepasiran (CBR20) setebal 10 cm.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan biaya dan waktu, perancangan bangunan gedung, perancangan jalan, perancangan bangunan air |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 17:59 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 17:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31556 |
Actions (login required)
View Item |