PERANCANGAN STRUKTUR, ANALISIS TINGKAT PELAYANAN, PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU MASING-MASING BANGUNAN INFRASTRUKTUR

Huda, Damar Sabila (2021) PERANCANGAN STRUKTUR, ANALISIS TINGKAT PELAYANAN, PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU MASING-MASING BANGUNAN INFRASTRUKTUR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Damar Sabila Huda)
170217082_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217082_Bab 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
170217082_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170217082_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Gedung rumah sakit diharuskan memiliki ketahanan struktur yang kuat dalam menerima beban yang bekerja terutama gempa. Perancangan gedung yang sesuai menjadi faktor utama dalam kasus ini. Perancangan ini bertujuan untuk merancang struktur gedung rumah sakit yang berlokasi di kota Jakarta. Perancangan menggunakan sistem rangka pemikul momen khusus dan metode analisis respon spektrum gempa. Hasil perancangan ini berupa struktur gedung dengan desain dan detail elemen setiap strukturnya. Trotoar merupakan infrastuktur untuk pejalan kaki yang umumnya dibangun sejajar dengan jalan dan bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan pejalan kaki. Trotoar seringkali dibangun tanpa memperhatikan aspek-aspek yang ada. Tingkat pelayanan trotoar menjadi penting untuk dikaji guna mengetahui permasalahan yang ada. Penelitian dilakukan di trotoar Jalan Mangkubumi, Yogyakarta. Pada penelitian ini digunakan metode survei dan analisis. Metode survei dengan pengumpulan data di lapangan dan metode analisis dengan metode regresi linier. Variabel yang dihitung adalah kecepatan, kepadatan, dan aliran. Hasil dari penelitian bahwa tingkat pelayanan di trotoar tersebut masuk kategori E dan F, dimana kecepatan berjalan pejalan kaki terbatas. Bendung bertujuan untuk meninggikan muka air sungai sampai ketinggian yang dirancang agar air dapat dialirkan dan dipergunakan semestinya. Perancangan ini merupakan perancangan ulang Bendung Kamijoro yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah dengan analisis data hujan per tahun. Hasil perancangan ini berupa desain dan detail bangunan bendung. Anggaran biaya dan penjadwalan proyek harusnya direncanakan dengan baik agar pekerjaan proyek bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Perencanaan ini merupakan perencanaan biaya dan waktu dari sebuah proyek yaitu Gedung Pendidikan FKIK Unsoed. Metode dilakukan dengan analisis harga, satuan, dan pekerjaan pada masa/waktu pekerjaan direncanaan untuk dibangun. Hasil dari perencanaan ini adalah rincian anggaran biaya, rincian durasi pekerjaan, dan rincian penjadwalan proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gedung rumah sakit, gempa, respon spektrum gempa, trotoar, tingkat pelayanan trotoar, regresi linier, bendung, data hujan, biaya proyek, waktu proyek, harga, satuan, pekerjaan proyek.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Apr 2024 16:21
Last Modified: 30 Apr 2024 16:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31565

Actions (login required)

View Item View Item