PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: JALAN KALIURANG, BENDUNG KAMIJORO, GEDUNG DISPORA DIY)

Pasaribu, Kevin Tongam Jeremy (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: JALAN KALIURANG, BENDUNG KAMIJORO, GEDUNG DISPORA DIY). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Kevin Tongam Jeremy Pasaribu)
170217087_Bab 0.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217087_Bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217087_Bab 2.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
170217087_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
170217087_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
170217087_Bab 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Laporan ini ditulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana di Universitass Atma Jaya Yogyakarta. Laporan ini berisikan rangkuman dari praktik perancangan yang telah dilaksanakan pada kurikulum sebelumnya. Praktik perancangan yang dirangkum meliputi Praktik Perancangan Jalan, Praktik Perancangan Bangunan Air. Praktik Perancangan Bangunan Gedung, dan Praktik Perancangan Biaya dan Waktu. Laporan ini berisikan latar belakang, permasalahan, metode perancangan, dan hasil perancangan pada setiap praktik perancangan yang sudah dilaksanakan. Pada Praktik Perancangan Jalan, penulis dituntut untuk mampu melaksanakan perancangan jalan melalui metode yang diajarkan oleh dosen. Pengerjaan praktik perancangan ini meliputi survey pejalan kaki untuk desain trotoar, parkir on road dan off road, volume kendaraan, kecepatan kendaraan, dan perhitungan perkerasan jalan. Dalam Praktik Perancangan Bangunan Air, penulis melaksanakan perancangan bangunan air yang mana adalah bendung di sungai yang sudah ditentukan oleh dosen dengan melaksanakan metode penelitian yang diajarkan oleh dosen. Penulis melakukan plotting DAS, menghitung tinggi curah hujan, menentukan metode perhitungan yang dipakai, membuat gambar bendung, dan menghitung kestabilan bendung. Kemudian pada Praktik Perancangan Bangunan Gedung, dosen memberikan persoalan kepada mahasiswa untuk merancang struktur gedung dengan menganalisis beban-beban yang mungkin diterima oleh gedung. Dosen memberikan soal gedung 3 lantai dengan dimensi yang berbeda pada setiap kelompok. Pengerjaan tugas akhir ini meliputi perhitungan pembebanan yang kemungkinan terjadi sampa membuat pemodelan struktur Selanjutnya pada Praktik Perancangan Biaya dan Waktu, penulis diminta untuk mencari gedung untuk diestimasi biaya dan waktu pekerjaannya. Pengerjaan tugas akhir ini meliputi pencarian proyek untuk diteliti, melakukan perhitungan biaya, dan melakukan estimasi waktu durasi proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Hidro
Sipil > Hidro

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Apr 2024 18:22
Last Modified: 30 Apr 2024 18:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31567

Actions (login required)

View Item View Item