PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU KANTOR BAPPEDA DENGAN AHS SEMARANG 2020)

Nicholas, Agam (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU KANTOR BAPPEDA DENGAN AHS SEMARANG 2020). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Agam Nicholas)
170217088_Bab 0.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217088_Bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
170217088_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
170217088_Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laporan Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur II terdiri dari perencanaan bangunan gedung (PPBG), perencanaan bangunan air (PPBA), perencanaan jalan (PPJ), dan terakhir perencanaan biaya dan waktu (PPBW).Dimana laporan ini dibuat pada saat kuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang di kerjakan secara kelompok dan mendapatkan hasil masing-masing dari setiap perancanaan yang dilakukan. Perencanaan Bangunan Gedung yang di kerjakan terdiri dari struktur atas yaitu atap, tangga, plat lantai, balok, sloof, dan kolom, lalu pekerjaan struktur bawah yaitu pondasi dari bangunan tersebut.Analisis perancangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi ETABS untuk menganalisis setiap gaya yang terjadi termasuk gaya gempa yang diambil dari spektrum gempa kota Poso. Sebelum analisis perancangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi ETABS, setiap bagian struktur telah diestimasi dimensinya dan telah memperhitungkan beban dari gaya luar yang akan diterima oleh bangunan tersebut seperti beban hidup, beban mati, beban angin, dan gaya gempa. Perhitungan penulangan akan dilakukan setelah analisis menggunakan aplikasi ETABS selesai. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini berupa hasil desain struktur yang telah dilakukan pengecekan keamanannya menurut SNI. Praktik perancangan Bangunan Air dilakukan perancangan ulang bangunan air berupa bendung Kamijoro dengan menggunakan data berupa data curah hujan 20 tahun terakhir pada setiap stasiun di sungai progo dan luasan DAS (Daerah Aliran Sungai) dari sungai Progo. Dari data tersebut didapatkan debit rancangan dengan menggunakan metode Melchior Q100 sebesar 294,594 m 3 /detik. Setelah didapatkan debit rancangan dilanjutkan dengan melakukan perencanaan bangunan bendung berupa mercu bendung, kolam olak, saluran induk, dan pintu pembilas. Bendung yang sudah jadi dilanjutkan dengan analisis stabilitas pada bendung berupa pengecekan gaya geser, angkat, guling, erosi tanah dan gempa. Praktik perancangan jalan (PPJ), perancangan jalan dimulai dari menggambar rencana trase jalan dan menentukan titik koordinat serta STA pada 4 titik utama yaitu titik A, 1, 2, B. Analisis selanjutnya berupa menganalisis tikungan yang tepat berdasarkan ketentuan menurut Bina Marga 1997. Awalnya tikungan diasumsikan sebagai tikungan tipe S-C-S, Rrencana harus lebih besar dari Rmin, dan penentuan tikungan F-C dan S-S dapat ditinjau secara berturut-turut terhadap Lc < 20m, p < 25 cm, dan f < 1,5 e n (en = 2%). Tahapan terakhir adalah dengan merancangan elevasi pada jalan yang telah direncanakan dengan memperhitungkan kebutuhan cut and fill. Pada perhitungan volume cut and fill, dilakukan perhitungan luasan dengan menggunakan metode average and area kemudian dikalikan dengan panjang jalan. Hasil dari kebutuhan total fill sebanyak 2116,22 m 3 dan kebutuhan total pada cut sebanyak 2599,68 m 3 . Praktik Perancangan Manajemen Biaya dan Waktu dilakukan dengan menggunakan perencanaan Gedung Kantor SKPD Bappeda Sumatera Barat. Perencanaan menggunakan pedoman AHSP kota semarang tahun 2020 dan menggunakan software Microsoft excel untuk menghitung analisis biaya yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang ada dan Microsoft Project untuk melakukan pengaturjan jadwal sehingga proyek dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi keterlambatan. Serta didapatkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) sebesar Rp 18.173.329.930,- dengan harga per m 2 sebesar Rp 4.992.138,-. Dengan total durasi pengerjaan proyek adalah selama 338 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perencanaan bangunan gedung, desain struktur, perencanaan bangunan air, curah hujan, debit, perencanaan jalan, volume cut dan fill, perencanaan biaya dan waktu, biaya perancangan, durasi proyek
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Apr 2024 20:00
Last Modified: 30 Apr 2024 20:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31568

Actions (login required)

View Item View Item