Analisis Sentimen Di Media Sosial Tentang Kualitas Layanan KAI Setelah Pandemi Menggunakan Machine Learning

Setyawan, Stephanus Wisnu (2024) Analisis Sentimen Di Media Sosial Tentang Kualitas Layanan KAI Setelah Pandemi Menggunakan Machine Learning. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Stephanus Wisnu Setyawan)
215311587_Bab 0.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311587_Bab 1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311587_Bab 2.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
215311587_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
215311587_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
215311587_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
215311587_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Media sosial adalah sebuah media online, di mana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan sebuah postingan. Jejaring sosial seperti Twitter merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Salah satu postingan-postingan pada media sosial Twitter adalah tweet tentang Kereta Api Indonesia (KAI). Tweet-tweet tersebut biasanya akan menghasilkan sentimen, di mana sentimen-sentimen tersebut dapat diolah menjadi sebuah analisis sentimen. Penelitian ini akan bertujuan untuk mengetahui analisis sentimen di media sosial Twitter tentang kualitas layanan KAI dimasa setelah masa pandemi COVID- 19 berakhir dan mengetahui model machine learning yang terbaik dalam melakukan analisis sentimen tersebut. Data yang akan digunakan adalah tweet tentang @KAI121 pada rentang waktu 22 Juni 2023 hingga 31 Desember 2023. Penelitian ini akan menggunakan model TF-IDF SVM, TF-IDF RF, TF-IDF KNN, CV SVM, CV RF dan CV KNN yang akan digunakan untuk membandingkan mana model machine learning yang terbaik. Hasil sentimen setiap dimensi kualitas layanan KAI dimasa berakhirnya pandemi COVID-19, menunjukkan bahwa penumpang KAI cenderung menunjukkan respon yang cukup netral. Selain itu SVM menunjukkan performa terbaik, baik menggunakan feature extraction CV ataupun TF-IDF, di mana selalu memberikan akurasi yang tinggi yaitu lebih dari 80% pada setiap dimensi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, SVM, KNN, RF.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 May 2024 19:49
Last Modified: 14 May 2024 19:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31657

Actions (login required)

View Item View Item