TINJAUAN YURIDIS PERAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI BANK SAMPAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENCEMARAN DI KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS BANK SAMPAH GEMAH RIPAH)

Raharja, Monica Anggita Berliana (2024) TINJAUAN YURIDIS PERAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI BANK SAMPAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENCEMARAN DI KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS BANK SAMPAH GEMAH RIPAH). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Monica Anggita Berliana Raharja)
190513391 0.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513391 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
190513391 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
190513391 3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, masih sangat banyak persoalan mengenai lingkungan yang membutuhkan penyelesaian dan penanganan secara serius. Salah satu diantaranya seperti permasalahan sampah terkhususnya di Yogyakarta, Kabupaten Bantul sendiri tercatat menjadi salah satu kabupaten dalam penyumbang sampah terbesar. Ketentuan Pasal 4 ayat (3) huruf A Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah kemudian mengatur bahwa dalam melakukan kegiatan pengelolaan sampah dapat dilakukan oleh lembaga pengelola sampah, termasuk Bank Sampah. Pada awalnya Bank Sampah memang belum banyak diketahui dan diminati oleh masyarakat, namun kini masyarakat perlahan sudah mulai menggunakan Bank Sampah untuk mengelola sampah rumah tangganya masing-masing yang kemudian menjadi dasar penulisan mengenai bagaimana dan apa saja bentuk peran masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah sebagai upaya pencegahan pencemaran di Kabupaten Bantul. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode Penelitian Hukum Empiris dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa bentuk peran masyarakat dalam pengelolaan sampah sebagai upaya pencegahan pencemaran di Kabupaten Bantul terwujud dengan dibentuknya Bank Sampah Gemah Ripah yang berada di Kabupaten Bantul namun peran masyarakat tersebut masih mendapati kendala seperti kurangnya sosialisasi kepada masyarakat umum dan kurangnya jumlah tenaga kerja yang ada di Bank Sampah tersebut. Melalui hasil tersebut kemudian penulis menyarankan perlunya sosialisasi terhadap masyarakat umum mengenai pencegahan pencemaran yang dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan Bank Sampah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, sampah, bank sampah
Subjects: Ilmu Hukum > Pertanahan, Pembangunan dan Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 17 May 2024 19:04
Last Modified: 17 May 2024 19:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31683

Actions (login required)

View Item View Item