STRATEGI PEMASARAN BELOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI PT FRANCE VALEGE

Gozali, Tamara (2024) STRATEGI PEMASARAN BELOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI PT FRANCE VALEGE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Tamara Gozali)
200610564_Bab 0.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610564_Bab 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610564_Bab 2.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
200610564_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
200610564_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
200610564_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
200610564_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
200610564_Bab 7.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT France Valege adalah salah satu perusahan yang menggunakan sistem penjualan MLM. Produk yang dipasarkan adalah pakaian dalam bermerek Fiori dan minuman serbuk kesehatan yaitu Dailie. Dailie adalah inovasi produk terbaru yang rilis pada tahun 2023, terdiri dari Dailie Fiber dan Dailie Fitfrink. Dari survei awal diperoleh hasil bahwa 89% dari masyarakat belum mengetahui Dailie sehingga tingkat brand awareness Dailie dianggap masih rendah. Stakeholder yaitu owner dan general manager yang diwawancara mengatakan bahwa produk Dailie masih harus melakukan upaya agar dapat menjangkau dan memperluas pasar, serta brand awareness produk Dailie meningkat sedikitnya 40%. Berdasarkan kajian literatur yang sudah dilakukan, terdapat dua alternatif solusi yaitu diversifikasi produk dan komunikasi pemasaran. Pemilihan alternatif solusi dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang menghasilkan alternatif terpilih yaitu komunikasi pemasaran. Metode pelaksanaan komunikasi pemasaran adalah below the line (BTL), menyesuaikan dengan produk Dailie yang hanya bisa ditemukan melalui penjualan tatap muka. Tahap research dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 158 responden. Kuesioner terdiri dari dua model terpisah yaitu model brand awareness (BA) dan model customer engagement (CE). Variabel BA terdiri dari product, price, place, dan promotion yang digunakan sebagai upaya brand untuk menggapai dan menarik perhatian konsumen sedangkan variabel CE terdiri dari produk limited edition, event, dan merchandise yang digunakan untuk pengelolaan BTL. Data kuesioner kemudian diolah menggunakan regresi linear berganda dan diperoleh hasil bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi BA adalah product, price, dan promotion sedangkan variabel yang mempengaruhi CE adalah event. Berdasarkan hasil analisis, dilakukan design and planning yang menghasilkan marketing plan dengan metode BTL. Pelaksanaan komunikasi pemasaran yang diusulkan adalah event olahraga yaitu “Senam sehat bareng Dailie” yang diisi dengan kegiatan senam, promosi produk Dailie, product sampling, pemberikan potongan harga spesial, penggunaan poster dan x-banner, serta pembagian doorprize berdasarkan hasil research dan berbagai diskusi bersama stakeholder serta beberapa pihak yang terlibat. Implementasi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan adalah penyelenggaraan event olahraga. Evaluasi dengan menghitung tingkat brand awareness dari masyarakat sebelum dan setelah implementasi komunikasi pemasaran menghasilkan peningkatan brand awareness dari 25% menjadi 67%, melampaui critical success factor yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MLM, brand awareness, komunikasi pemasaran, below the line, marketing plan
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 May 2024 20:06
Last Modified: 21 May 2024 20:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31695

Actions (login required)

View Item View Item