Gunawan, Easter Lidya (2024) PENINGKATAN PENJUALAN USAHA JADAH TEMPE MBAH CARIK GENERASI KEEMPAT DENGAN PERBAIKAN PEMASARAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Easter Lidya Gunawan)
200610736_Bab 0.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
200610736_Bab 1.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
200610736_Bab 2.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
200610736_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text
200610736_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text
200610736_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
200610736_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text
200610736_Bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
||
|
Text
200610736_Bab 8.pdf Download (977kB) | Preview |
Abstract
Usaha Jadah Tempe Mbah Carik adalah UMKM yang berada di Yogyakarta. Usaha Jadah Tempe Mbah Carik Generasi Keempat mengalami penurunan penjualan pada tahun 2022 sebesar 31,95% dan tahun 2023 hanya mengalami kenaikan sebesar 11,90%. Penurunan penjualan tersebut disebabkan karena menurunnya minat beli masyarakat terhadap produk Jadah Tempe Mbah Carik, serta peningkatan pendapatan pada tahun 2023 disebabkan karena adanya pembukaan outlet di Katamso dan penggunaan layanan online yaitu Gojek sebagai perantara penjualan. Berdasarkan wawancara dan observasi dengan stakeholders, dilakukan pemetaan masalah. Akar-akar masalah yang diperoleh kemudian dilakukan seleksi dan akar masalah yang terpilih yaitu lokasi outlet yang tidak strategis. Akar masalah tersebut perlu diselesaikan agar terjadi peningkatan penjualan pada usaha tersebut. Akar masalah outlet tidak strategis tersebut diselesaikan dengan strategi sales territory management. Metode yang digunakan dalam rangka sales territory management tersebut yaitu segmentasi pasar dan marketing mix. Tool yang digunakan untuk mengetahui keinginan dari segmen pasar yaitu survei konsumen dengan kuesioner. Hasil survei menunjukkan bahwa diperlukan penambahan outlet. Penambahan outlet namun biaya terbatas dilakukan dengan penawaran kerja sama berupa konsinyasi bersama sejumlah pusat oleh-oleh di Yogyakarta. Proses pemilihan rekan kerja sama menggunakan metode AHP untuk penentuan kelayakan calon rekan kerja sama. Kerja sama berhasil dilakukan dengan tiga pusat oleh-oleh di Yogyakarta. Hasil kerja sama tersebut dapat meningkatkan penjualan sebesar 11,31%. Peningkatan penjualan tersebut dapat menunjukkan bahwa perluasan target pasar dengan bekerja sama bersama pusat oleh-oleh menggunakan metode sales territory management dapat meningkatkan penjualan Usaha Jadah Tempe Mbah Carik Generasi Keempat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jadah tempe, outlet, sales territory management, marketing mix, AHP. |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 21 May 2024 20:35 |
Last Modified: | 21 May 2024 20:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31698 |
Actions (login required)
View Item |