PENGARUH BANGKITAN PERGERAKAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN COLMERA DILI, TIMOR LESTE

Freitas, Abilio Da Costa (2024) PENGARUH BANGKITAN PERGERAKAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN COLMERA DILI, TIMOR LESTE. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Abilio Da Costa Freitas)
225119289_Bab 0.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225119289_Bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225119289_Bab 2.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
225119289_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
225119289_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
225119289_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
225119289_Bab 6.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Adanya perkembangan aktivitas pergerakan dari penduduk di Permukiman Colmera dapat berdampak pada kelancaran pelayanan Jalan utama di wilayah CBD. Untuk mengantisipasi kebutuhan ini dan mengevaluasi dampaknya, penelitian tentang pola pergerakan dari penduduk di Permukiman tersebut menjadi sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pembangunan di wilayah Permukiman yang sedang direncanakan atau sedang berlangsung dapat mempertimbangkan dengan baik dampaknya terhadap kapasitas jaringan Jalan di kawasan CBD Colmera. Dengan memahami pola pergerakan, frekuensi perjalanan yang terjadi, dan faktor-faktor yang memengaruhinya, dapat diidentifikasi dan diperkirakan dengan lebih akurat. Adapun total pergerakan dan perjalanan yang terjadi dapat dianggap sebagai indikator utama dari pola pergerakan yang disebut sebagai bangkitan perjalanan. Untuk menciptakan model bangkitan pergerakan, parameter-parameter yang digunakan meliputi metode analisis linier berganda. Data-data yang diperlukan diperoleh dari kecenderungan pergerakan penghuni Permukiman, yang dianalisis melalui beberapa variabel termasuk jumlah total anggota keluarga, dalam satu Rumah (X1), Total Anggota Keluarga Sekolah/Kuliah (X2), Total Anggota Keluarga Bekerja (X3), Total kendaraan (X4), Total luas Rumah (X5), dan Total penghasilan/bulan (X6). Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik yang dihasilkan adalah Y = 3,608 + 0,796X2 + 1,791X3, Karena persamaan yang telah terbentuk mampu mencakup variabel-variabel yang berpengaruh terhadap pergerakan di Permukiman, penekanan khusus diberikan pada nilai variabel jumlah anggota keluarga Sekolah/Kuliah (X2) adalah sebesar 0,796. Dapat diartikan bahwa jika terjadi peningkatan sebanyak satu orang, akan mempengaruhi produksi perjalanan sebesar 0,796 perjalanan/keluarga/hari. Nilai pada variabel total anggota keluarga bekerja (X3) adalah sebesar 1,791. Dapat diartikan bahwa jika terjadi peningkatan sebanyak satu orang, akan mempengaruhi produksi perjalanan sebesar 1,791 perjalanan/keluarga/hari. Volume lalu lintas pada jam 8-9 dan jam 13-14 di jalan Colmera mendekati kapasitas jalan, dengan total volume mencapai 1.697 dan 1.745 masing-masing, serta Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0,81 dan 0,83. Berdasarkan hasil pemodelan dan data, terdapat total 1.575 bangkitan perjalanan/hari. Bangkitan tersebut berkontribusi terhadap Volume Lalu Lintas pada jam 8-9 di Jalan Colmera, menyumbang sekitar 92,75% dari total Volume Lalu Lintas. Sementara itu, sisanya, sebanyak 122 Volume Lalu Lintas, berasal dari Kawasan lain, yang mencakup sekitar 7,25% dari total Volume Lalu Lintas di area tersebut. Pengaruh bangkitan sebanyak 1.575 terhadap total volume lalu lintas sebesar 1.697 pada jam 8-9 sangat signifikan, menyumbang sebagian besar dari total volume tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bangkitan pergerakan permukiman, Metode analisis linier berganda
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 28 May 2024 17:06
Last Modified: 28 May 2024 17:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31727

Actions (login required)

View Item View Item