PENGALAMAN MENGHADAPI PERLAKUAN BODY SHAMING DAN UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERINTERAKSI TERHADAP ENAM MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK SIPIL INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA

Wiyanti, Febby (2024) PENGALAMAN MENGHADAPI PERLAKUAN BODY SHAMING DAN UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERINTERAKSI TERHADAP ENAM MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK SIPIL INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Febby Wiyanti)
191007115_Bab 0.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191007115_Bab 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
191007115_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
191007115_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
191007115_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Permasalahan body shaming adalah sesuatu yang tidak asing bagi kita, terutama di negara kita. body shaming dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada kepercayaan diri seseorang. Melihat banyak kasus korban body shaming yang dialami oleh mahasiswa, penulis tertarik untuk meneliti tentang body shaming dan Kepercayaan Diri dalam relasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara dengan para informan yang terlibat langsung, yang didukung oleh data primer yang terkait dengan topik yang sedang diteliti. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah pertama, apa saja pengalaman enam mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta yang mengalami body shaming? kedua, bagaimana enam mahasiswa yang mengalami body shaming meningkatkan kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan mahasiswa lain di Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta? Penelitian ini penting dilakukan karena dapat memberikan wawasan tentang dampak body shaming terhadap kepercayaan diri mahasiswa, membantu meningkatkan kesadaran tentang body shaming dan kepercayaan diri di kalangan mahasiswa. Hasil dari temuan penelitian terkait dengan pengalaman mendapatkan perlakuan body shaming dari enam mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta yaitu Pertama, Diejek Memiliki Warna Kulit Putih Sebagai oramg NTT. Kedua, Disindir Memiliki Warna Kulit yang Terlalu Putih. Ketiga, Dihina Seperti Jerapah Karena Tinggi. Keempat, Dihina Seperti Anak Kecil Karena Pendek. Kelima, Dibilang Cacingan Karena Terlalu Kurus. Keenam, Merasa Insecure Karena Memiliki Berat Badan yang Gemuk. Hasil temuan dari upaya meningkatkan kepercayaan diri dari enam mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta yaitu, Pertama, menghindari pelaku body shaming. Kedua, memahami manusia diciptakan berbeda-beda. Ketiga, berteman dengan orang yang dapat menerima dirinya dan kebaikannya. Keempat, mengabaikan komentar negatif. Kelima, membalas komentar negatif dengan balasan yang positif. Keenam, bersyukur atas tubuh yang dimiliki. Ketujuh, menerima diri sendiri apa adanya, menghargai keunikan yang dimiliki. Kedelapan, melakukan hal-hal yang positif. Sehingga, melalui upaya peningkatan kepercayaan diri, enam mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta tersebut dapat lebih percaya diri untuk berinteraksi dengan percaya diri tanpa ada perasaan malu ataupun sakit hati.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Body shaming, Kepercayaan diri, Mahasiswa, Pengalaman, Berinteraksi
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 31 May 2024 17:36
Last Modified: 31 May 2024 17:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31747

Actions (login required)

View Item View Item