Tingkat Kepuasan Subscriber Volix Media dalam Mengonsumsi Video Podcast #VINIAR

Christian, Rufus (2024) Tingkat Kepuasan Subscriber Volix Media dalam Mengonsumsi Video Podcast #VINIAR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Rufus Christian)
180906492_Bab 0.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906492_Bab 1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
180906492_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
180906492_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img]
Preview
Text
180906492_Bab 4.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berperan besar pada perubahan perilaku komunikasi manusia. Tidak hanya pada perilaku konsumsi bagi “konsumen” tetapi juga pada produsen media. Jika tadinya produk komunikasi hanya bisa dibentuk oleh suatu media dari institusi media dalam suatu industri media, kini dalam industri media setiap orang bisa berperan sebagai produsen produk media dalam berbagai bentuk produk media. Hal ini diartikan sebagai terbukanya peluang bagi setiap orang untuk bisa menjadi produsen atau membentuk sebuah media yang dapat digunakan untuk berbagi informasi di internet. Keterbukaan ini membuat maraknya media-media start-up digital yang muncul di media sosial. Start-up media digital ini dapat bertahan jika suatu media dapat memenuhi dan memuaskan pengguna media tersebut. Jika, suatu media berhasil menjadi suatu media efektif bagi penggunanya, maka media tersebut akan digunakan kembali dan dapat digunakan juga sebagai pemuas dan pemenuh kebutuhan pengguna media sosial lain, sehingga media tersebut bisa dilirik oleh beberapa pihak yang bisa menjadi investor, sehingga start-up media digital dapat bertahan di industri media internet. Oleh karena itu, hal mendasar yang perlu dilakukan oleh start-up media adalah memuaskan kebutuhan dari pengguna media sosial atau pengguna yang mengonsumsi produk komunikasi dari media tersebut. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Uses and Gratification. Teori tersebut digunakan untuk mengukur bagaimana kepuasan yang dicari dan didapatkan oleh pengguna media sosial dari penggunaan media sosial yang dipilih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan membagikan kuisioner kepada 400 responden yang merupakan subscriber akun Youtube Volix Media yang mengonsumsi konten video podcast #VINIAR. Proses penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik convinience sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini ditentukan oleh selisih nilai mean Gratification Sought dan Gratification Obtained. Jika nilai mean pada Gratification Sought lebih tinggi dibandingkan Gratification Obtained, maka subscriber Volix Media merasa tidak puas dengan mengonsumsi konten video podcast #VINIAR. Jika nilai mean pada Gratification Obtained lebih tinggi dibandingkan Gratification Sought, maka subscriber Volix Media merasa puas dengan mengonsumsi konten video podcast #VINIAR. Apabila nilai mean pada Gratification Obtained dan Gratification Sought memiliki nilai mean yang sama, kebutuhan dari subscriber Volix Media dipenuhi dengan mengonsumsi video podcast #VINIAR.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Start-up Media Digital, Kepuasan, Uses And Gratification
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Jun 2024 16:49
Last Modified: 04 Jun 2024 16:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31760

Actions (login required)

View Item View Item