Pengaruh Brand Image SilverQueen terhadap Loyalitas Pelanggan pada Followers @silverqueenid

Nugraha, Bagus Bima Adi (2024) Pengaruh Brand Image SilverQueen terhadap Loyalitas Pelanggan pada Followers @silverqueenid. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Bagus Bima Adi Nugraha)
190906895_Bab 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906895_Bab 1.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
190906895_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
190906895_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img]
Preview
Text
190906895_Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image Silverqueen terhadap loyalitas pelanggan pada followers Instagram @silverqueenid. Data pada Goodstatsid (2023) menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang mengenali SilverQueen sebagai merek coklat batangan dari luar negeri. Menurut Tjiptono (2011) bahwa brand image yang terdapat pada sebuah merek menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Oleh karena itu, citra merek yang positif akan semakin penting bagi suatu produk dan loyalitas mudah diperoleh. Subjek dalam penelitian ini adalah followers Instagram @silverqueenid dimana Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh SilverQueen sebagai platform promosi, informasi, dan komunikasi. Brand image menurut Biels dalam Rizal, dkk (2016) diukur dari tiga indikator yakni citra merek, citra produk, dan citra pemakai sehingga dapat melihat pandangan followers Instagram @silverqueenid terhadap merek SilverQueen. Pandangan konsumen yang positif terhadap merek akan mampu memberikan manfaat berupa kemungkinan lebih besar untuk melakukan pembelian produk atau menunjukkan loyalitasnya kepada merek (Sitorus, dkk, 2020:106). Loyalitas pelanggan dapat diukur melalui enam indikator, diantaranya adalah pembelian berulang, kebiasaan mengkonsumsi merek, selalu menyukai merek, tetap memilih merek, yakin bahwa merek tersebut yang terbaik, dan merekomendasikan merek kepada orang lain (Tjiptono, 2014). Hubungan pengaruh dari brand image terhadap loyalitas pelanggan ini tergolong penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan 100 responden hasil dari purposive sampling yang menggambarkan followers Instagram @silverqueenid. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi untuk menunjukkan hubungan variabel dan uji regresi linear sederhana untuk menunjukkan hubungan pengaruh antar variabel. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan dari variabel brand image SilverQueen terhadap loyalitas pelanggan oleh followers Instagram @silverqueenid yakni sebesar 40,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Loyalitas Pelanggan, SilverQueen
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Jun 2024 16:45
Last Modified: 06 Jun 2024 16:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31775

Actions (login required)

View Item View Item