ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL Jalan Ahmad Yani Kartasuro, Surakarta

Yuliyanto, Joko (2009) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL Jalan Ahmad Yani Kartasuro, Surakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS10493.pdf

Download (693Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS10493.pdf

Download (552Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS10493.pdf

Download (49Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS10493.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2375Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS10493.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS10493.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1168Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS10493.pdf

Download (422Kb)

Abstract

Kondisi simpang empat bersinyal Jalan Ahmad Yani Kartasuro, Surakarta sering terjadi konflik lalu lintas, kemacetan, kesemrawutan, parkir liar dan turun-naik penumpang di daerah simpang. Hal ini menyebabkan kinerja simpang tidak maksimal dalam melayani penguna simpang, dari kondisi tersebut menyebabkan nilai derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan, dan nilai kendaraan terhenti pada simpang melebihi nilai yang dipersyaratkan MKJI 1997. Kondisi seperti ini dapat dilihat pada simpang empat bersinyal Jalan Ahmad Yani Kartosuro. Penelitian dilakakukan selama 3 hari yaitu hari Sabtu, 13-Desember-2008, Minggu, 14-Desember-2008, dan Senin, 15-Desember-2008. Waktu pengamatan yang di pakai dalam penelitian ini pada pagi pukul 06.15-08.15, siang pukul 12.30- 14.30, sore pukul 15.30-17.30. Data yang diperoleh di lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan Metoda MKJI 1997. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada kondisi eksisting diperoleh nilai DS pendekat utara, selatan, timur, barat 1,485, 1,910, 0,415, 0,945, kendaraan terhenti rata-rata stop/smp 2,05, yang melampaui angka aman yang disarankan MKJI 1997. Untuk mengatasi permasalahan dilakukan lima alternatif desain penyelesaian. Alternatif I pengaturan waktu hijau, jarak parkir sebesar 75 meter diperoleh nilai (DS) pendekat utara, selatan, timur, barat 0,607, 0,746, 0,747, 0,745 dan kendaraan terhenti rata-rata stop smp/jam 0,68, alternatif II perubahan desain geometrik simpang yaitu menambah lebar We pada pendekat barat dan utara, pengaturan waktu hijau, parkir diperoleh nilai (DS) pendekat utara, selatan, timur, barat 0,402, 0,720, 0,720, 0,722 dan kendaraan terhenti rata-rata stop/smp 0,65, alternatif III yaitu melakukan perlakuan jalan searah pada pendekat utara dan selatan, pengaturan waktu hijau, parkir diperoleh DS pendekat utara, selatan, timur, barat 0,539, 0,412, 0,539, 0,538 dan nilai kendaraan terhenti stop/smp 0,59, alternatif ke IV yaitu kombinasi alternatif desain geometrik simpang, pengaturan waktu hijau, parkir, fase untuk belok kanan pada pendekat utara diperoleh nilai DS pendekat utara, U-RT, selatan, timur, barat 0,159, 0,372, 0,452, 0,566, 0,691 dan kendraan terhenti stop/smp 0,66, alternatif V yaitu pengaturan (3 fase menjadi 4 fase), pengaturan waktu hijau, parkir dengan desain geometrik diperoleh DS pendekat utara, selatan, timur, barat 0,489, 0,568, 0,711, 0,722 dan kendaraan terhenti rata-rata stop/smp 0,64. Dari lima alternatif yang ada dan yang dipandang baik untuk diterapkan pada simpang bersinyal Kartosuro (ST 107) Jalan Ahmad Yani adalah dengan diberikan alternatif pengaturan fase (3 fase menjadi 4 fase), pengaturan waktu hijau dan parkir dengan desain geometrik yang memiliki DS < 0,75 dan NS < 1 yang memenuhi syarat MKJI 1997.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: simpang, panjang antrian, tundaan, kapasitas dan derajat kejenuhan
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2013 08:36
Last Modified: 18 Jul 2013 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3182

Actions (login required)

View Item View Item