VIRJENITRI, THERESIA RISSA (2009) EVALUASI KELAYAKAN LAMPU PENERANGAN JALAN DI JALAN ARTERI KALIWUNGU KENDAL. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS10513.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS10513.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS10513.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS10513.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4TS10513.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan akan penerangan jalan yang lebih baik tidak kita pungkiri bahwa itu sangat penting pada saat ini, banyak hal yang harus kita pikirkan terlebih dahulu dalam perumusan masalah, yaitu masalah – masalah pokok yang diambil adalah penerangan rerata yang sesuai dengan klasifikasi jalan yang bersangkutan, penerangan jalan yang memberikan kontrol kesilauan yang mencukupi. Sejalan dengan perkembangan Kota Kendal dan pertumbuhan penduduknya, kebutuhan akan sarana dan prasarana kota juga secara otomatis meningkat pula. Pada malam hari, timbul kebutuhan akan fasilitas penerangan jalan dan sarana umum lainnya untuk menunjang aktivitas / kegiatan dengan memperhatikan faktor-faktor keamanan, kenyamanan dan keindahan. Disamping itu, tuntutan dari masyarakat di seluruh pelosok Kota Kendal untuk dapat menikmati sistem penerangan pada malam hari di daerahnya masing-masing yang belum dapat terpenuhi seluruhnya dengan sistem penerangan yang ada selama ini. Penelitian diawali dengan pencarian data di instansi terkait dan pengukuran di lapangan. Penerangan jalan yang dievaluasi adalah penerangan pada Jalan Arteri Kaliwungu Kendal dengan panjang 4,869 km dengan jumlah penerangan jalan sebanyak 102 buah, menggunakan satu jenis lampu SON 220 watt. Evaluasi ini untuk mengetahui tingkat kelayakan sistem penerangan jalan tersebut berdasarkan distribusi penerangan rerata dan nilai ambang batas silau. Analisis berdasarkan standarisasi CIE( Classification system of the International Commission on Illumination ). Dari hasil evaluasi ada beberapa hasil hitungan yang tidak sesuai dengan standarisasi CIE, hal tersebut dikarenakan lumen lampu di atas permukaan tanah untuk jenis lampu SON 220 watt di lokasi penelitian sangat kecil. Untuk mendisain penerangan jalan sebaiknya perlu diperhatikan jenis lampu, daya lampu, lumen lampu, lebar jalan, tinggi tiang, kelas jalan, sudut lampu, dan spasi antar lampu. Dan hal – hal tersebut harus disesuaikan dengan peraturan yang ada. Panjang spasi lampu dan tinggi tiang lampu yang berlebihan atau tidak sesuai dengan model lampu, lebar jalan mengakibatkan kurangnya penyebaran cahaya pada jalan tersebut, untuk itu sebagai alternatif yang pertama adalah dengan merubah spasi lampu sepanjang 48 meter menjadi 39 meter dan tinggi tiang lampu sepanjang 11 meter dirubah menjadi 10 meter. Sedangkan untuk alternatif lain adalah dengan menambah lumen lampu menjadi 15000 lm agar Nilai Distribusi Rerata dan Nilai Ambang Batas Silau dapat memenuhi syarat CIE.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Distribusi Penerangan Rerata, Nilai Ambang Batas Silau dan Standarisasi CIE |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 08:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2013 08:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3183 |
Actions (login required)
View Item |