Wibowo, Herda (2024) MOTIF BERLANGGANAN META VERIFIED DI KALANGAN PENGGUNA INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Herda Wibowo)
200907375_copy.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Instagram merupakan platform media sosial yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi serta media dalam mengekspresikan diri. Meta verified merupakan layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna mendapatkan lencana centang biru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi dan penggunaan layanan meta verified dengan menggunakan teori hierarki lima kebutuhan mendasar manusia dari Abraham Maslow serta teori Uses and Gratification untuk memahami bagaimana pengguna dalam memaknai dan menggunakan layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi dalam bermedia. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa media memiliki pengaruh terhadap fenomena yang sifatnya situasional disamping deretan motif yang melatarbelakangi pengguna dalam berlangganan Meta Verified. Centang biru yang diperoleh juga memiliki pengaruh terhadap peningkatan performa akun, kredibilitas serta berdampak pada atensi yang diperoleh dari pengguna Instagram lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Centang Biru, Uses and Gratification, Instagram, Meta Verified |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 17:58 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 17:58 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31854 |
Actions (login required)
View Item |