MOTIF BERLANGGANAN META VERIFIED DI KALANGAN PENGGUNA INSTAGRAM

Wibowo, Herda (2024) MOTIF BERLANGGANAN META VERIFIED DI KALANGAN PENGGUNA INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Herda Wibowo)
200907375_copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Instagram merupakan platform media sosial yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi serta media dalam mengekspresikan diri. Meta verified merupakan layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna mendapatkan lencana centang biru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi dan penggunaan layanan meta verified dengan menggunakan teori hierarki lima kebutuhan mendasar manusia dari Abraham Maslow serta teori Uses and Gratification untuk memahami bagaimana pengguna dalam memaknai dan menggunakan layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi dalam bermedia. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa media memiliki pengaruh terhadap fenomena yang sifatnya situasional disamping deretan motif yang melatarbelakangi pengguna dalam berlangganan Meta Verified. Centang biru yang diperoleh juga memiliki pengaruh terhadap peningkatan performa akun, kredibilitas serta berdampak pada atensi yang diperoleh dari pengguna Instagram lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Centang Biru, Uses and Gratification, Instagram, Meta Verified
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Jun 2024 17:58
Last Modified: 21 Jun 2024 17:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31854

Actions (login required)

View Item View Item