Sutanto, Ivana Carissa (2018) PENGGUNAAN TEXT MINING UNTUK PENGELOLAAN E-MAIL KOMPLAIN DI PT. X INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Ivana Carissa Sutanto)
140607928_Bab 0.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
140607928_Bab 1.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
140607928_Bab 2.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text
140607928_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
||
Text
140607928_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
||
Text
140607928_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
140607928_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
|
Text
140607928_Bab 7.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kantong plastik. Departemen Quality Assurance PT. X menerima komplain dari pelanggan melalui e-mail, dan e-mail tersebut dikelola tiap akhir bulan untuk menemukan permasalahan khususnya cacat produk yang terjadi di perusahaan. Karena adanya keterbatasan kemampuan SDM yang dimiliki, PT. X belum dapat mengelola e-mail tersebut secara efisien yang menyebabkan banyak waktu terbuang hanya untuk membuat rekap komplain agregat. Melihat dari permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah merancang proses pengelolaan komplain yang lebih efisien dengan mengidentifikasi dan mengelompokkan komplain yang terjadi ke dalam kelompok-kelompok, menyajikan rekap data hasil text mining terhadap e-mail komplain, serta membandingkan proses perekapan e-mail komplain sebelum dan sesudah implementasi text mining. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan One Sample Sign Test, terbukti bahwa proses baru lebih mudah dari proses lama, dengan nilai P-value = 0, penilaian staf QA terhadap ketepatan hasil text mining minimal berada pada level setuju, dengan P-value = 0, dan proses pengelolaan komplain dengan text mining terbukti lebih cepat dari proses pengelolaan kompliain saat ini dengan nilai P-value =0.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quality Assurance, Text Mining, Pengelolaan Komplain, One Sample Sign Test |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 17:16 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 17:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32032 |
Actions (login required)
View Item |