PENGGUNAAN TEXT MINING UNTUK PENGELOLAAN E-MAIL KOMPLAIN DI PT. X INDONESIA

Sutanto, Ivana Carissa (2018) PENGGUNAAN TEXT MINING UNTUK PENGELOLAAN E-MAIL KOMPLAIN DI PT. X INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ivana Carissa Sutanto)
140607928_Bab 0.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140607928_Bab 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140607928_Bab 2.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
140607928_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
140607928_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
140607928_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
140607928_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
140607928_Bab 7.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kantong plastik. Departemen Quality Assurance PT. X menerima komplain dari pelanggan melalui e-mail, dan e-mail tersebut dikelola tiap akhir bulan untuk menemukan permasalahan khususnya cacat produk yang terjadi di perusahaan. Karena adanya keterbatasan kemampuan SDM yang dimiliki, PT. X belum dapat mengelola e-mail tersebut secara efisien yang menyebabkan banyak waktu terbuang hanya untuk membuat rekap komplain agregat. Melihat dari permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah merancang proses pengelolaan komplain yang lebih efisien dengan mengidentifikasi dan mengelompokkan komplain yang terjadi ke dalam kelompok-kelompok, menyajikan rekap data hasil text mining terhadap e-mail komplain, serta membandingkan proses perekapan e-mail komplain sebelum dan sesudah implementasi text mining. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan One Sample Sign Test, terbukti bahwa proses baru lebih mudah dari proses lama, dengan nilai P-value = 0, penilaian staf QA terhadap ketepatan hasil text mining minimal berada pada level setuju, dengan P-value = 0, dan proses pengelolaan komplain dengan text mining terbukti lebih cepat dari proses pengelolaan kompliain saat ini dengan nilai P-value =0.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Quality Assurance, Text Mining, Pengelolaan Komplain, One Sample Sign Test
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 24 Jul 2024 17:16
Last Modified: 24 Jul 2024 17:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32032

Actions (login required)

View Item View Item