Putra, Yeriko Evandi Prasetya (2022) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Pengaruh Adanya Universitas Ahmad Dahlan Terhadap Mobilitas Di Ruas Jalan Pramuka). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Yeriko Evandi Prasetya Putra)
180217155_Bab 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
180217155_Bab 1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
180217155_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
180217155_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ndonesia sebagai negara berkembang saat ini tengah mengalami pembangunan infrastruktur yang cepat dan merata di seluruh wilayah. Dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut, maka diperlukan pula peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul. Peningkatan sumber daya manusia sangat diperlukan supaya visi dan misi dari pembangunan infrastruktur dapat terpenuhi secara maksimal. Oleh karena hal tersebut, perguruan tinggi di Indonesia perlu mempersiapkan para sarjana di berbagai bidang khususnya teknik sipil yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang unggul dan mumpuni agar dapat menghadapi persaingan dan kompetisi di era globalisasi. Pengaplikasian ilmu di bidang teknik sipil salah satunya adalah dengan merancang dan merencanakan suatu proyek bangunan. Perancangan yang dilakukan pada laporan ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu perancangan bidang struktur, transportasi, keairan dan manajemen konstruksi. Pada laporan ini, detail pembahasan akan difokuskan pada perancangan di bidang transportasi. Perancangan di bidang struktur dilakukan atas gedung dengan tiga lantai yang difungsikan sebagai gedung sekolah. Lokasi bangunan gedung tersebut berada di Kota Medan. Perhitungan yang dilakukan meliputi kebutuhan tulangan pada rangka atap, rangka bangunan dan fondasi bangunan. Perancangan gedung dilakukan dengan bantuan aplikasi SansPro dan SAP 2000. Peraturan yang digunakan yaitu peraturan pembebanan SNI 1727:2013, peraturan baja SNI 1729:2015, peraturan beton SNI 2847:2019, dan peraturan gempa SNI 1726:2019. Perancangan di bidang transportasi dilakukan di Jalan Pramuka. Metode yang digunakan ialah metode survei dan analisis olah data primer maupun sekunder yang berupa data volume lalu lintas, waktu tempuh, kerusakan jalan, kondisi lingkungan dan fasilitas kelengkapan jalan. Pengerjaan analisis yang dilakukan mengacu pada pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Adapun peraturan lain yaitu Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2006 tentang Perlengkapan Jalan dan Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Tahun 1998. Perancangan bangunan air dilaksanakan di Bendung Mrican. Perancangan yang dilakukan meliputi perhitungan DAS, debit air, struktur bendung, serta komponen-komponennya yaitu kolam olak, saluran pengambilan, dan saluran pengendap. Pada proses perancangan bendung, digunakan aplikasi ArcGis. Pedoman yang digunakan mengacu pada Kriteria Perencanaan (KP) Nomor 01 – 07 tahun 2013. Perencanaan biaya dan waktu dilakukan dengan meninjau proyek Gedung Kantor Bappeda Temanggung. Tahapan perencanaan yang dilakukan meliputi perhitungan analisis harga satuan, rencana anggaran biaya (RAB), durasi pekerjaan serta penjadwalan proyek dalam bentuk kurva S. Aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Project, sedangkan untuk pedoman yang digunakan antara lain adalah peraturan Analisis Harga Satuan SNI 2839:2019 dan Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan SNI 12:2017. Pada perancangan gedung dapat diperoleh hasil rancangan atap dengan tipe pelana dan gording tipe profil baja C150. Jumlah anak tangga 20 buah dengan optrede 18 cm dan antrede 30 cm. Tulangan pelat lantai digunakan tipe P10-150/200. Tulangan kolom dan balok tipe 2D22 dan 8D16, sedangkan tulangan fondasi digunakan tipe D13-100. Pada praktik perancangan jalan, mobilitas di ruas Jalan Pramuka mengalami peningkatan dari segi volume mencapai 593.5 smp/jam dan kecepatan mencapai 55 km/jam di pagi hari akibat adanya aktivitas belajar di kampus Universitas Ahmad Dahlan. Kerusakan jalan yang ditemukan yaitu retak halus dan retak pinggir. Kondisi lingkungan jalan terlihat rapi, sejuk namun ramai. Fasilitas jalan seperti lampu, drainase dan rambu lalu lintas berfungsi dengan baik. Praktik perancangan bangunan air di Bendung Mrican memiliki tipe puncak bendung berbentuk bulat, kolam olak dengan tipe USBR tipe III. Luas DAS yang digunakan sebesar 56,568 km2. Perencanaan biaya dan waktu yang dilakukan di Gedung Kantor Bappeda Temanggung menghasilkan nilai anggaran biaya sebesar Rp 7.070.468.790 dengan harga per m2 sebesar Rp 4.133.326,780. Pekerjaan pada proyek dilaksanakan selama 388 hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infrastruktur, Gedung, Transportasi, Bendung, Biaya, Waktu |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Hidro Sipil > Hidro Sipil > Struktur Sipil > Struktur |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 17:05 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 17:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32048 |
Actions (login required)
View Item |