REKONSTRUKSI PENGELOLAAN KEKAYAAN INTELEKTUAL TRADISIONAL PASCA UU NO 13 TAHUN 2012 TENTANG KEISTIMEWAAN DAERAH ISTIMEWA Yogyakarta*

Kastowo, Chryssantus REKONSTRUKSI PENGELOLAAN KEKAYAAN INTELEKTUAL TRADISIONAL PASCA UU NO 13 TAHUN 2012 TENTANG KEISTIMEWAAN DAERAH ISTIMEWA Yogyakarta*. In: Prosiding Konferensi Asosiasi Pengajar Hak Kekayaan Intelektual " Isu-isu terkini di Bidang HKI dalam Pendidikan HKI. Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, pp. 113-130.

[img] Text
Cetak Prosiding UNPAD 2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persoalan kelembagaan yang mememiliki kewenangan dan kekosongan hukum sebagai akibat tidak segera terbit Peraturan Pemerintah sebagaimana dikehendaki oleh Pasal 10 ayat (4) UU No. 19 tahun 2002 menyebabkan terjadi eforia beberapa Pemerintah Daerah untuk memaksakan memberikan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual tradisional dengan melakukan pendaftaran melalui rejim Hak Cipta atau Disain Industri. Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditetapkan melalui UU No. 13 tahun 2012 dalam salah satu nomenklaturnya memberikan kewenangan untuk mengatur bidang kebudayaan yang termasuk di dalamnya adalah kekayaan intelektual tradisional. Permasalahan utama adalah bagaimana bentuk pengelolaan dalam konteks pelestarian dan perlindungan serta unsur pemerintah daerah yang memiliki kapabilitas untuk melaksanakan tugas tersebut menjadi sangat penting untuk dibahas. Melalui studi literatur yang dilakukan, simpulan yang dapat dikemukakan adalah bahwa keterbukaan Kasultanan Yogyakarta dan Pura Pakualaman menjadi kunci dalam pelestarian budaya tradisional Yogyakarta. Publikasi yang komprehensip atas kekayaan intelektual tradisional menjadi penting untuk melindungi kakayaan intelektual tradisional dari distorsi/pembelahan antara bentuk(denotasi) dengan maknanya (konotasi).

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, Kekyaan intelektual tradisional, Kraton Yogyakarta.
Subjects: Ilmu Hukum > Pertanahan, Pembangunan dan Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 05 Aug 2024 17:57
Last Modified: 05 Aug 2024 17:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32051

Actions (login required)

View Item View Item