PENGARUH KUALITAS PESAN ROKOK TERHADAP MINAT UNTUK BERHENTI MEROKOK (STUDI KUANTITATIF EKSPLANATIF PADA MAHASISWA FISIP ATMA JAYA YOGYAKARTA)

Gunawan, William Fransheda (2024) PENGARUH KUALITAS PESAN ROKOK TERHADAP MINAT UNTUK BERHENTI MEROKOK (STUDI KUANTITATIF EKSPLANATIF PADA MAHASISWA FISIP ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (William Fransheda Gunawan)
180906546_Bab 0.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906546_Bab 1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906546_Bab 2.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
180906546_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
180906546_Bab 4.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Peneliti menemukan fenomena yang terjadi di lapangan banyak dari kalangan remaja mengkonsumsi rokok dan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun berdasarkan survey yang di lakukan oleh pihak eksternal. Pada kemasan produk rokok terdapat pesan yang disampaikan seperti peringatan bahaya merokok, namun pesan tersebut dianggap kurang efektif mengingat masih banyak pengguna rokok aktif di masyarakat, sehingga peneliti tertarik untuk menganalisa dan membahas lebih dalam terkait dengan kualitas pesan di kemasan produk rokok yang beredar di masyakarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pesan bahaya merokok terhadap minat untuk berhenti merokok pada mahasiswa Fisip Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pesan persuasif merupakan turunan dari komunikasi persuasif sebagai teori induk dari penelitian ini. Komunikasi persuasif bertujuan untuk mengubah perilaku dari audiens yang melihat atau membaca suatu rangsangan dari luar dan di harapkan muncul respon atas komunikasi tersebut. Namun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pesan sebagai perantara yang ada di dalam kemasan produk rokok sebagai objek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data metode survey. Peneliti menyebar kuesioner secara online kepada 140 responden mahasiswa aktif fisip Atma Jaya dan mengkonsumsi rokok. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kualitas pesan rokok sebesar 81,1% akan mempengaruhi audiens berminat untuk berhenti merokok, sehingga 18,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di dalam model penelitian ini. Serta hasil dari penelitian ini kualitas pesan rokok terhadap minat untuk berhenti merokok yaitu positif dan signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini pengaruh dari kualitas pesan yang ada di dalam kemasan rokok berpengaruh terhadap minat untuk berhenti merokok di kalangan remaja khususnya mahasiswa Fisip Atma Jaya Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pesan, Minat, Rokok
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Aug 2024 17:18
Last Modified: 08 Aug 2024 17:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32094

Actions (login required)

View Item View Item