PROSES PENYUSUNAN PESAN INSTAGRAM DALAM MEMOSISIKAN MEREK JOGJAMU SEBAGAI MINUMAN SEHAT

Putranti, Stefani Maria Ernarasti Widi (2024) PROSES PENYUSUNAN PESAN INSTAGRAM DALAM MEMOSISIKAN MEREK JOGJAMU SEBAGAI MINUMAN SEHAT. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Stefani Maria Ernarasti Widi Putranti)
190907000_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907000_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907000_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
190907000_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
190907000_Bab 4.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan proses penyusunan pesan “minum jamu untuk meningkatkan gaya hidup sehat” oleh JogJamu, merek minuman jamu tradisional dari Yogyakarta dalam media sosial Instagram. Proses penyusunan pesan ini menjadi salah satu cara JogJamu untuk memasarkan produknya pada masyarakat terkhusus untuk kaum muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk dapat memperoleh pemahaman bagaimana proses penyusunan pesan dalam memosisikan produk pada benak audiensnya. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana JogJamu berdiskusi dan memanfaatkan media sosial Instagram dalam menyusun pesan “minum jamu untuk meningkatkan gaya hidup sehat” dari proses, penyusunan, hingga revisi pesan. Penelitian ini menganalisis proses dan komponen penyusunan pesan secara persuasif yang dilakukan oleh pihak internal JogJamu pada audiens Instagram-nya melalui perencanaan tujuan, sifat dan penerima pesan. Penyusunan pesan dengan sudut pandang target pasar yang didominasi ibu dan kaum muda dikemas dengan storytelling, bertujuan untuk membujuk audiens agar secara sadar mengonsumsi jamu. Revisi pesan yang dilakukan bertujuan untuk memastikan tujuan JogJamu untuk hadir bukan hanya sebagai produk minuman namun juga untuk membantu pelanggan agar dapat meningkatkan gaya hidup sehat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyusunan pesan JogJamu dalam memosisikan merknya sebagai minuman sehat, banyak memperhatikan identitas merek bisnisnya menjadi unique selling point. Hal ini kemudian digali, diinovasikan dan dipertahankan agar dapat berdampak pada keberlanjutan bisnis dan terjalin hubungan dari merek dan juga pelanggan. Dengan beberapa tambahan panduan dan konsistensi unggahan, jamu sebagai minuman tradisional dapat diminum disetiap aktivitas sebagai bentuk pelestarian budaya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Penyusunan Pesan Persuasif, Product Positioning, Instagram.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Aug 2024 15:16
Last Modified: 12 Aug 2024 15:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32132

Actions (login required)

View Item View Item