ARTANINGTYAS, PRISCA ARUMSARI DIAH (2010) PENGARUH COMMUNITY BRANDING TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Eksplanatif Kuantitatif Untuk Mengetahui Pengaruh Tingkat Kepuasan Atas Kegiatan Community Branding Indomie Terhadap Loyalitas Merek Pada Paguyuban Pedagang Indomie Rebus (PIR) Jogja). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02336.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02336.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02336.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02336.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02336.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Komunitas terbagi menjadi dua, yaitu komunitas yang sudah ada dan terbentuk sebelumnya dan komunitas yang memang sengaja dibentuk oleh perusahaan untuk mewakili suatu produk dari perusahaan tersebut. Komunikasi dan hubungan kerjasama yang baik antara perusahaan dan komunitas sangat berguna bagi kedua belah pihak karena baik perusahaan maupun komunitas saling membutuhkan. Hal yang paling penting dari semua kepentingan dalam pembentukan komunitas adalah bagaimana perusahaan bisa membuat mereka menjadi orang yang lebih bernilai. Dengan cara seperti ini maka diharapkan kegiatan yang telah dilakukan oleh Indomie terhadap komunitas dapat berujung pada harapan agar konsumen, dalam hal ini khususnya komunitas yang berlaku sebagai perantara antara perusahaan dan konsumen langsung, dapat tetap loyal terhadap merek. Mengacu pada latar belakang masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah:Mengetahui pengaruh kepuasan atas kegiatan Community Branding terhadap loyalitas merek Indomie pada komunitas Pedagang Indomie Rebus Jogja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Jenis penelitiannya adalah eksplanatif karena meneliti pengaruh tingkat kepuasan atas kegiatan Community Branding pada PIR Jogja terhadap loyalitas merek ‘Indomie’. Berdasarkan data dari PT.Indofood Area Yogyakarta, jumlah anggota paguyuban sampai dengan September 2009 adalah 1003 anggota, sehingga peneliti menjadikan jumlah tersebut sebagai populasi dalam penelitian ini. Sementara itu, tidak semua populasi akan diteliti dalam penelitian ini, melainkan diambil sebagian saja melalui sampel Untuk tehnik penarikan sampel, peneliti menggunakan non probabilita sampling dengan tehnik purposive. Purposive sampling merupakan metode penetapan sampel dengan berdasarkan pada criteria-kriteria tertentu, dimana peneliti sebelumnya telah menentukan criteria responden yang harus diambil1. Kriteria yang dimaksud dalam penelitian ini adalah responden haruslah pedagang yang termasuk dalam Pedagang Indomie Rebus (PIR) Jogja. Sedangkan penyebaran kuesioner yang dilakukan menggunakan metode accidental sampling. Setelah melakukan analisis terhadap data primer tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut : a. kepuasan atas kegiatan Community Branding berpengaruh terhadap loyalitas merek Indomie pada komunitas Pedagang Indomie Rebus (PIR) Jogja. Indikator dari kepuasan atas kegiatan Community Branding yaitu tangible,
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 13:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2013 13:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3225 |
Actions (login required)
View Item |