Efendi, Yosep Gunawan (2010) EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI INDOSAT IM3 “ONLINE-SAYKOJI” BERDASARKAN DIRECT RATING METHOD (DRM). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02374.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02374.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02374.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02374.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02374.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Iklan yang efektif adalah iklan yang dapat membuat penonton memahami apa yang menjadi pesan iklannya. Selain itu, iklan yang efektif dapat dimulai dengan menarik perhatian penonton melalui kreatifitas iklannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas iklan televisi Indosat IM3 “Online-Saykoji” berdasarkan Direct Rating Method (DRM) pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Direct Rating Method adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi sebuah iklan yang berkaitan dengan kemampuan iklan itu menarik perhatian, pemahaman, respon kognitif, respon afektif, dan respon behavioral terhadap iklan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 320 orang yaitu 290 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, dan 30 orang mahasiswa Program Studi Ilmu Sosiologi. Metodologi penelitian yang dipergunakan untuk menjawab permasalahan adalah dengan menggunakan analisis tabulasi sederhana, penghitungan skor rata-rata, dan rumus DRM. Analisis tabulasi sederhana dipergunakan untuk menentukan besarnya persentase responden yang memilih kategori tertentu. Penghitungan skor rata-rata dipergunakan untuk menentukan posisi tanggapan responden. Rumus DRM digunakan untuk menghitung proporsi efektifitas iklan untuk masingmasing indikator perhatian, pemahaman, respon kognitif, respon afektif, dan respon behavioral terhadap iklan. Hasil analisis pengukuran iklan "Online-Saykoji" dengan menggunakan DRM, menunjukkan bahwa indikator perhatian, pemahaman, respon kongnitif, respon afektif, dan respon behavioral iklan ini masuk dalam rentang skala efektif yaitu berada dalam rentang skala 3,4 – 4,2. Indikator perhatian iklan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,7604, indikator pemahaman memperoleh skor rata-rata sebesar 3,9920, indikator respon kognitif memperoleh skor rata-rata sebesar 3,9844, indikator respon afektif memperoleh skor rata-rata sebesar 3,9219, dan indikator respon behavioral (sikap) memperoleh skor rata-rata sebesar 3,6438. Hasil perhitungan efektivitas iklan menggunakan Direct Rating Method (DRM) adalah sebesar 77,2095. Menurut tabel direct rating, Iklan "Online-Saykoji" masuk dalam kategori iklan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Iklan Televisi, Direct Rating Method |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 13:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2013 13:11 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3226 |
Actions (login required)
View Item |