PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, PERAN PERANGKAT DESA, DAN TRANSPARANSI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA-DESA YANG TERDAPAT DI KECAMATAN KLATEN SELATAN, KABUPATEN KLATEN

Yuhandari, Alia Febrianti (2024) PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, PERAN PERANGKAT DESA, DAN TRANSPARANSI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA-DESA YANG TERDAPAT DI KECAMATAN KLATEN SELATAN, KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Alia Febrianti Yuhandari)
200425495_Bab 0.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200425495_Bab 1.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200425495_Bab 2.pdf

Download (921kB) | Preview
[img] Text
200425495_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
200425495_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
200425495_Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh variabel kejelasan sasaran anggaran, peran perangkat desa, dan transparansi terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Subjek pada penelitian ini adalah 11 desa yang berada di Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, sedangkan variabel independennya adalah kejelasan sasaran anggaran, peran perangkat desa, dan transparansi. Penelitian ini merupakan penelitian empiris kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Respondennya adalah Perangkat Desa terdapat di 11 desa di Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten sebanyak 83 responden yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan, Kasi Pemerintahan, Kaur Keuangan, dan Kadus. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Pengolahan data menggunakan analisis regeresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kejelasan sasaran anggaran dan transparansi berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, sedangkan peran perangkat desa tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Namun, dari jawaban responden dapat diketahui bahwa masih terdapat kelemahan dalam hal mengelola prioritas penggunaan keuangan desa, kemudian dalam hal peran perangkat desa terhadap APBDes, penyelenggaraan pemerintahan desa tidak berdasarkan asas transparansi, serta terdapat faktor keterlambatan disepakatinya APBDes.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa, Kejelasan Sasaran Anggaran, Peran Perangkat Desa, Transparansi.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2024 14:22
Last Modified: 13 Sep 2024 14:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32392

Actions (login required)

View Item View Item