Santosa S, RR Eunike Heidy Adeline (2024) PENGARUH ELECTRONIC-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (RR Eunike Heidy Adeline Santosa S)
200325410_Bab 0.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
200325410_Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
200325410_Bab 2.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
200325410_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text
200325410_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
|
Text
200325410_Bab 5.pdf Download (650kB) | Preview |
Abstract
Peran Electronic-Customer Relationship Management (E-CRM) semakin penting bagi perusahaan terutama industri perbankan dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada era digital ini. Keadaan saat ini mengharuskan bank untuk memantau dengan hati-hati tren, ekspektasi, kebutuhan dan persyaratan nasabah yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Perbankan harus berfokus dalam menerapkan berbagai strategi E-CRM untuk menarik, menciptakan dan mempertahankan calon nasabah. Sehingga dalam hal ini, kepuasan pelanggan dapat dianggap sebagai penghubung antara pengelolaan hubungan pelanggan yang efektif dan perilaku pembelian yang berulang dari pelanggan. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 310 responden yang merupakan nasabah Bank BCA yang aktif dan menggunakan layanan digital Bank BCA minimal dalam 6 bulan terakhir baik Klik BCA, MyBCA, BCA Mobile, CS Digital, e-mail BCA dan Halo BCA (minimal 1 layanan digital). Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan dikumpulkan melalui Google Form dengan skala likert 5 poin. Data sampel yang terkumpul diolah menggunakan SPSS dengan menggunakan metode analisis regresi dan analisis mediasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-CRM mempengaruhi kepuasan pelanggan, E-CRM mempengaruhi loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan memediasi pengaruh E-CRM terhadap loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic-Customer Relationship Management, E-CRM, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Mediasi |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 15:24 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 15:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32529 |
Actions (login required)
View Item |