PENGARUH ATRIBUT DAN KARAKTERISASI INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI GENERASI Z

Nareswari, Eleonora Keisha (2024) PENGARUH ATRIBUT DAN KARAKTERISASI INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT BELI GENERASI Z. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Eleonora Keisha Nareswari)
200325531_Bab 0.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325531_Bab 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325531_Bab 2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
200325531_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
200325531_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
200325531_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut dan karakterisasi influencer media sosial terhadap niat beli generasi Z yang ditinjau dari sikap homofili, daya tarik fisik, daya tarik sosial, kepercayaan, keahlian, dan hubungan parasosial. Penting bagi perusahaan untuk dapat memilih influencer yang tepat untuk membantu promosi produk sehingga menciptakan niat beli khususnya bagi para generasi Z yang dikenal sebagai generasi yang suka berbelanja dan melek teknologi. Penelitian ini meneliti niat beli generasi Z di Indonesia yang dipengaruhi oleh atribut dan karakterisasi influencer media sosial di Instagram. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan menggunakan 7 poin skala likert yang disajikan dalam bentuk kuesioner melalui google form yang disebarkan secara online. Sebanyak 163 data responden diolah dengan aplikasi SmartPLS 3 dengan metode analisis data SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap homofili, kepercayaan, dan hubungan parasosial influencer media sosial mempengaruhi secara positif niat beli generasi Z. Sementara, daya tarik fisik, daya tarik sosial, dan keahlian influencer media sosial tidak mempengaruhi niat beli generasi Z.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap homofili, daya tarik fisik, daya tarik sosial, kepercayaan, keahlian, hubungan parasosial, niat beli generasi Z.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 09 Oct 2024 17:22
Last Modified: 09 Oct 2024 17:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32561

Actions (login required)

View Item View Item