ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN SHOPEEPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL DENGAN METODE SERVQUAL DAN CSI

Devi, Beatrice Karmila (2024) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN SHOPEEPAY SEBAGAI DOMPET DIGITAL DENGAN METODE SERVQUAL DAN CSI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Beatrice Karmila Devi)
201710605_Bab 0.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710605_Bab 1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710605_Bab 2.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
201710605_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
201710605_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
201710605_Bab 5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fintech menawarkan solusi untuk pembayaran dan transfer dana, dan dompet digital mempermudah transaksi non-tunai melalui smartphone, menggantikan metode tunai tradisional. ShopeePay, salah satu dompet digital yang berhasil meraih posisi teratas saat peluncurannya, mengalami penurunan peringkat pada tahun 2023. Meskipun tetap populer, beberapa pengguna menghadapi kendala dan ketidakpuasan dengan layanannya, yang mempengaruhi penggunaan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan dan dimensi kualitas layanan yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan ShopeePay. Metode yang digunakan adalah SERVQUAL dan CSI, dengan 22 item dalam kuesioner. Hasil CSI menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap ShopeePay berada dalam kategori "Sangat Puas" dengan skor 82,45%. Hasil gap SERVQUAL menunjukkan Responsiveness dengan nilai 0,17 dan Assurance dengan nilai 0,19 mempengaruhi kepuasan. Namun, masih ada ruang untuk perbaikan pada item-item dengan nilai gap negatif, di mana ekspektasi lebih tinggi daripada persepsi pengguna, terutama pada dimensi Reliability yang memiliki gap paling rendah di antara kelima dimensi. Ini menunjukkan bahwa pengguna ShopeePay menginginkan kecepatan dan keandalan dalam pengelolaan keuangan yang belum sepenuhnya terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, SERVQUAL, CSI, ShopeePay, Dompet Digital
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Oct 2024 16:34
Last Modified: 21 Oct 2024 16:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32652

Actions (login required)

View Item View Item