ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME SOLO LEVELING: ARISE MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ)

Jonathan, . (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME SOLO LEVELING: ARISE MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (GEQ). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Jonathan)
201710697_Bab 0.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710697_Bab 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710697_Bab 2.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
201710697_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
201710697_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
201710697_Bab 5.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis kepuasan pemain Game Solo Leveling: Arise dengan menggunakan metode Game Experience Questionnaire (GEQ). Metode ini mengevaluasi komponen utama pengalaman pengguna, termasuk immersion, flow, competence, positive affect, Empathy, Behavioral Involvement, Positive Experience, Challenge , tension , Negative Feelings, dan Returning to Reality. Hasil menunjukkan bahwa komponen immersion memiliki nilai mean sangat tinggi, menunjukkan kemampuan game untuk menarik pemain. Komponen flow, competence, positive affect, Empathy, Behavioral Involvement, dan Positive Experience juga mendapatkan nilai mean tinggi, menandakan pemain menikmati alur cerita yang menarik, merasakan semangat kompetitif, dan merasakan efek positif serta peningkatan empati. Komponen Challenge , tension , Negative Feelings, dan Returning to Reality memiliki nilai mean sedang. Ini menunjukkan bahwa pemain dapat mempertimbangkan hal lain, tidak mudah tersinggung atau frustrasi, merasa lebih santai, dan menggunakan game untuk mengembalikan suasana hati. Penelitian ini menggunakan survei kepada pemain Game Solo Leveling: Arise. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya menganalisis pengalaman pengguna dengan metode GEQ tanpa perbandingan elemen dalam game. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview) untuk mendapatkan wawasan lebih dalam dan mungkin menemukan komponen baru yang relevan untuk evaluasi game di berbagai platform, baik mobile maupun PC.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Experience Questionnaire; User Experience; SOLO LEVELING: ARISE
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Oct 2024 15:23
Last Modified: 22 Oct 2024 15:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32671

Actions (login required)

View Item View Item