USULAN PERBAIKAN KEMASAN PRODUK PAKAIAN PADA DIRTYLIFE APPAREL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RASIONAL

Djatmiko, Benedicto Alvin (2024) USULAN PERBAIKAN KEMASAN PRODUK PAKAIAN PADA DIRTYLIFE APPAREL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RASIONAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Benedicto Alvin Djatmiko)
170609366_Bab 0.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609366_Bab 1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609366_Bab 2.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
170609366_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
170609366_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
170609366_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
170609366_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img]
Preview
Text
170609366_Bab 7.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Dirtylife Apparel adalah suatu bentuk UMKM berbasis brand clothing yang bergerak di bidang clothing apparel untuk pakaian sehari-hari. Usaha ini didirikan mulai pada tahun 2016. Hasil produksi dari Dirtylife Apparel menawarkan desain produk ditargetkan untuk pasar kaum muda. Terjadi penurunan penjualan terhadap produk yang dipasarkan oleh Dirtylife Apparel. Adanya penurunan penjualan produk adalah dikarenakan berkurangnya minat beli dari konsumen pada produk, hal ini terjadi karena produk yang dihasilkan dirasa kurang memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Selain itu, terjadi persaingan yang ketat antar brand pada bidang clothing. Perubahan desain kemasan produk yang dipasarkan oleh Dirtylife Apparel dan penentuan strategi kompetitif bagi perusahaan dalam melakukan penjualan dan pemasaran produknya dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang muncul. Dengan perubahan desain kemasan dengan menggunakan metode-metode yang sesuai, dapat dihasilkan desain kemasan yang dapat memenuhi spesifikasi teknis yang sesuai. Dengan terpenuhinya spesifikasi teknis, maka dapat tercipta kemasan produk yang dapat menarik minat konsumen. Dengan menentukan strategi yang tepat dan sesuai dengan SWOT, maka perusahaan dapat melakukan proses penjualan dan pemasaran dengan baik. Perancangan kemasan yang dilakukan menggunakan metode Quality Function Deployment dan digunakan dua aplikasi lunak Canva sebagai alat bantu pembuatan desain grafis untuk kemasan dan smartmockups sebagai alat bantu pembuatan model desain. Hasil dari rancangan kemasan berbentuk persegi dengan desain motif, warna, dan gambar. Hasil dari penenutan strategi SWOT adalah menggunakan strategi S-O, yaitu perusahaan melakukan iklan di sosial media, menitipkan produknya pada coffeeshop atau café, dan melakukan penjualan melalui beberapa e-commerce.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemasan, brand clothing, quality function deployment, perancangan, swot
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Nov 2024 21:05
Last Modified: 04 Nov 2024 21:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32785

Actions (login required)

View Item View Item