Ilyas, Andreanna Aristaanisa (2024) PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA WARUNG KOPI KEDAI JALAN TENGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Andreanna Aristaanisa Ilyas)
200610669_Bab 0.pdf Download (327kB) |
|
Text
200610669_Bab 1.pdf Download (281kB) |
|
Text
200610669_Bab 2.pdf Download (446kB) |
|
Text
200610669_Bab 3.pdf Download (319kB) |
|
Text
200610669_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
200610669_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
|
Text
200610669_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text
200610669_Bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
200610669_Bab 8.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
200610669_Bab 9.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kedai Jalan Tengah merupakan sebuah warung kopi dengan konsep kolaborasi dua budaya yaitu Chinese dan Minangkabau yang berpusat di Kota Padang yang bergerak dalam bidang jasa makanan dan minuman. Permasalahan utama yang terjadi terdapat pada tidak tercapainya target terhadap jumlah pengunjung dengan minimal 100 pengunjung per hari. Persentase keberhasilan pencapaian target jumlah pengunjung minimal 100 pengunjung per hari dalam waktu 7 bulan pada tahun 2023 mencapai 42,92%. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan jumlah pengunjung harian hingga mencapai target yang telah ditentukan. Untuk menarik pengunjung datang, maka penting untuk memperhatikan media sosial terutama pada Google Review dengan indeks rata-rata awal adalah sebesar 4. Penilaian rating Google Review yang masih memiliki rating dengan indeks antara 1 hingga 3 dan terdapat komentar negatif sebanyak 19 orang menjadi pengaruh akan kehadiran pengunjung. Metode yang digunakan selama melakukan penelitian adalah Service Quality dan Importance Performance Analysis untuk menentukan tingkat kepuasan dan harapan sehingga menghasilkan nilai Gap untuk selanjutnya diolah dalam menentukan tingkat prioritas perbaikan berdasarkan Gap tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan. Seluruh penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data secara kuesioner sehingga memperoleh jawaban sejumlah 106 responden. Pada kuesioner tersebut terdapat 5 dimensi dan 18 atribut pernyataan. Perancangan implementasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan properti papan tulis untuk informasi menu habis, perancangan Standar Operasional Prosedur bagi penyajian makanan dan minuman serta perancangan Work Instruction bagi seluruh pegawai warung kopi, dan perancangan buku menu baru secara elektronik. Pengambilan keputusan perancangan alternatif ini dilakukan bersama para stakeholder terutama kepada pihak Kedai Jalan Tengah dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Berdasarkan hasil dari perancangan alternatif implementasi yang telah terpilih tersebut, maka dilakukan implementasi. Hasil implementasi telah dilakukan di lokasi objek dengan menambahkan properti whiteboard pada meja kasir untuk menuliskan menu yang sedang habis, perancangan daftar checker berisi WI setiap karyawan dan SOP penyajian makanan serta minuman, dan perancangan buku menu elektronik dalam bentuk barcode yang diletakan pada setiap meja makan warung kopi. Setelah dilakukan implementasi, diperoleh pencapaian keberhasilan terhadap target jumlah pengunjung harian minimal 100 pengunjung adalah sebesar 62,72% dan tingkat jumlah pengunjung mengalami peningkatan target sebesar 17,69% terhadap rata-rata perbandingan jumlah pengunjung sebelum dilakukan implementasi. Selanjutnya terdapat peningkatan terhadap indeks rating rata-rata Google Review Kedai Jalan Tengah yaitu menjadi 4,2 dengan total ulasan sebanyak 104 memiliki persentase kenaikan sebesar 5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Service Quality, Importance Performance Analysis, dan Analytical Hierarchy Process |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 10:01 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 10:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32824 |
Actions (login required)
View Item |